Sedekah Sayur Literasi Petani Gowa ke Panti Asuhan Maros

Gowa, Villagerspost.com – Petani sayur di Kecamatan Tombolo Pao dan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan melaksanakan program “Sedekah Sayur Literasi” ke panti-panti asuhan di Kabupaten Maros. Aksi sedekah sayur yang diinisiasi oleh Rumah Koran dan Kesatuan Brimob Polda Sulsel ini, dilaksanakan pada Minggu (28/2).

Sasaran program sedekah sayur literasi kali ini adalah Panti Asuhan Al-Iman dan Panti Asuhan Alqadri di Kabupaten Maros. Sayur-mayur untuk program ini mulai dikumpulkan dari para petani pada Jum’at (26/2). Sayuran dikumpulkan dari lahan-lahan petani di Kecamatan Tombolo Pao dan Kecamatan Tinggimoncong oleh Ipda Purwanto dari Kesatuan Brimob Polda Sulsel dan Jamaluddin dari Rumah Koran

Sayur mayur yang disedekahkan oleh para petani Tombolo Pao dan Tinggimoncong terdiri dari kol, sawi, daun bawang, labu siam dan ubi jalar. Selain itu ada juga sayuran sumbangan dari pedagang sayur di Sungguminasa berupa terong, timun, dan kangkung.

“Sedekah sayur ini adalah merupakan program rutin yang akan terus dijalankan sebagai bentuk solidaritas dan rasa ingin berbagi dari petani dan pedagang yang ada di Kabupaten Gowa,” kata Jamaluddin.

Dia menegaskan, rasa solidaritas tersebut melahirkan kerja sama atau kolaborasi dari berbagai unsur sehingga mampu melahirkan keberlanjutan program. Kerja kolaborasi tersebut diberi nama sebagai Gerakan Literasi Kolaboratif, yang dipimpin oleh Ketua Forum Perpustakaan Lorong dan Desa Sulsel Bachtiar Adnan Kusuma.

Bersama Perpustakaan Lorong dan Desa Sulawesi Selatan, Rumah Koran, dan SAPMA PP, akhirnya sayur-sayuran tersebut dapat di kirimkan ke panti asuhan di Kabupaten Maros. Jamaluddin, selaku founder Rumah Koran mewakili para petani Kecamatan Tombolo Pao dan Kecamatan Tinggimoncong mengantar dan menyalurkan bantuan tersebut yang di terima langsung oleh Bupati Maros AS Chaidir Syam S.IP MH.

Selanjutnya para penggerak literasi mengantarkan sayur-mayur tersebut ke dua titik panti asuhan di Kabupaten Maros. Para pengelola dan anak-anak di Panti Asuhan Al-Iman dan Panti Asuhan Alqadri pun mengucapkan banyak terima kasih kepada para petani dan penggerak literasi atas bantuan sayuran yang disedekahkan. Mereka berharap kegiatan seperti ini terus berkelanjutan.

Laporan/Video: Rumah Koran
Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.