Semangat Kemerdekaan dari Sumba Timur | Villagerspost.com

Semangat Kemerdekaan dari Sumba Timur

Waingapu, Villagerspost.com – Sejak hari Jumat hingga Sabtu, tanggal 12-13 Agustus, jalan-jalan utama di kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, ramai disesaki ribuan orang mulai dari orang tua hingga anak muda dari berbagai kalangan. Ada kelompok anak muda dari organisasi kemasyarakatan, pelajar, kelompok pramuka, juga para pejabat dan pemuka adat setempat.

Mereka turun ke jalan bukan untuk berdemonstrasi, melainkan melaksanakan karnaval tahunan menyambut perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, yang jatuh pada 17 Agustus mendatang. Kota Waingapu pun dipenuhi lautan manusia, ketika seluruh warga baik tua maupun muda turun ke jalan menyaksikan sekaligus meramaikan aksi karnaval itu.

Beragam atraksi digelar mulai dari pertunjukan budaya hingga pawai drum band oleh siswa-siswa sekolah menengah. Kemudian juga berbagai atraksi kebudayaan lainnya. Karnaval juga semakin semarak dengan pakaian peserta yang sangat fashionable dan warna-warni cukup membuat hiburan bagi warga yang menyaksikan sepanjang jalan.

Karnaval dimulai dari lapangan pacuan kuda Rihi Eti Kelurahan Prailiu. Iring-iringan karnaval kemudian bergerak melintasi Jalan Yos Sudarso, Jalan A Yani dan berakhir di lapangan Pahlawan Kelurahan Hambala. Tentu saja kita menyambut kemerdekaan ini dengan suka cita. Hanya kitapun jangan sampai menyisakan sampah yang berserakan sepanjang jalan hingga suasana hati tidak merdeka lagi.

Teks/Video: Rahmat Adinata, Anggota Gerakan Petani Nusantara, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *