Serangan Wereng Kembali Mengganas

Dampak serangan wereng di Bojonegoro (dok. gerakan petani nusantara)
Hamparan sawah terkena serangan wereng di Lamongan (dok. gerakan petani nusantara)
Petani bersiap menyemprot padi yang terserang wereng (dok. gerakan petani nusantara)
Serangan wereng di Cipunagara, Subang (dok. gerakan petani nusantara)

Jakarta, Villagerspost.com – Laporan serangan wereng pada musim tanam padi kedua ini, kembali mengganas di beberapa wilayah seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Laporan yang diterima Gerakan Petani Nusantara (GPN) mengungkapkan untuk wilayah Jawa Timur, serangan wereng mengganas Bojonegoro. Anggota GPN Khamim Ashari mengatakan, serangan juga terjadi di Jawa Tengah.

Sentra produksi beras wilayah Banyumasan, Klaten, Boyolali dan Ngawi, juga terkena serangan. Untuk Jawa Timur, Eks wilayah karesidenan Bojonegoro, paling parah. “Laporan dari operator combine yang bekerja di wilayah Baureno, yang berhasil panen produktivitas per 1.400 m hanya sekitar 2-3 kuintal,” lapor Khamim seperti diterima Villagerspost.com, Jumat (2/6).

Laporan serupa juga diterima dari Lia Nurulalila bahwa serangan wereng juga terjadi di Subang di wilayah Cipunagara. Menanggapi hal itu, Ketua GPN Hermanu Triwidodo mengatakan, agar petani berani bersuara soal ini. “Menurut saya tidak bijak menutup-nutupi fakta,” tegasnya. (*)

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *