Sofia, Pendongeng Lingkungan Remaja Asal Indramayu,Ikuti Jejak Ayah | Villagerspost.com

Sofia, Pendongeng Lingkungan Remaja Asal Indramayu,Ikuti Jejak Ayah

Indramayu, Villagerspost.com – Mendongeng, bagi Sofia, 16 tahun, adalah pekerjaan yang mengasyikkan. Lewat mendongeng, siswi kelas 9 (3 SMP) ini merasakan asyiknya berbagai pengetahuan dan juga pengalaman. Sofia mewarisi bakat mendongeng dari sang ayah, Samsuddin, yang seorang pendongeng keliling asal Indramayu, yang selalu membawa isu lingkungan, khususnya konservasi satwa langka.

“Sejak kelas 5 SD sudah saya ceritakan tentang kegiatan konservasi satwa langka, dunia penelitian serta orang-orang yang bekerja dalam dunia konservasi satwa langka dan hutan,” kata Samsuddin, kepada Villagerspost.com.

Karena itu, saat mendapatkan tugas mendongeng dari sekolahnya, Sofia tak ragu mendongeng dan bernyanyi terkait isu konservasi satwa langka. Dia mendongeng dalam bahasa Inggris. Buku yang dijadikan rujukan ceritanya adalah buku karangan Profesor Robin dari Cornell University, yang diberikan ayahnya, hadiah dari seorang dokter hewan bernama Marcelus Adi, yang juga peneliti badak senior, yang kebetulan berteman dengan sang profesor.

“Buku itu sudah dia simpan sejak tahun 2016, saat saya memutuskan kampanye pelestarian satwa langka lewat dongeng keliling,” jelas Samsuddin.

Sofia sendiri sejak kecil selalu mengikuti perjalanan kegiatan mendongeng sang ayah melalui SMS yang dikirimkan Samsuddin, atau cerita-cerita yang diberikan sang ayah ketika sedang di rumah. “Setelah dia menggunakan hp android, dua mengikuti perkembangan kegiatan lewat akun media sosial yang saya punya,” kata Samsuddin.

“Saya selalu dorong dia untuk mengambil peran sosial, dia sering membantu teman sekolahnya yang kesulitan dalam pelajaran sekolah,” pungkasnya.

Video: Samsuddin
Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *