Sukses Panen Padi di Musim Kering | Villagerspost.com

Sukses Panen Padi di Musim Kering

Pati, Villagerspost.com – Musim kemarau alias musim kering kerap menjadi musuh yang mematikan bagi petani. Kekurangan air menjadi “penyakit” yang mematikan bagi tanaman padi sehingga banyak petani yang mengalami gagal panen. Namun, di Desa Ronggo, Kecamatan Jaken, Pati, Jawa Tengah, ada petani yang tetap mampu melaksanakan panen dengan hasil baik meski bertanam di musim kering.

Sudargo, punya teknik dan trik tersendiri dalam melakukan penanaman padi di musim kering. Yang terutama adalah pemilihan benih yang cocok untuk wilayah kering yang tidak mengandalkan irigasi namun hanya mengandalkan hujan untuk mengairi sawah. Untuk benih, Sudargo mempercayakan pada dua jenis yaitu Rojolele dan IPB3S yang merupakan benih yang dihasilkan para ahli benih dari Institut Pertanian Bogor yang bekerjasama dengan petani.

“Padi ini, dulunya pernah dicemooh karena katanya rasa nasinya kurang enak, tetapi sekarang Alhamdulillah, sudah banyak yang menanam, karena ternyata cocok untuk lahan kering,” kata Sudargo yang sudah menanam IPB3S sejak 2016 lalu dan tidak pernah gagal panen meski kekeringan melanda.

Selain itu, pada masa jeda tanam, seusai panen, Sudargo melakukan pemupukan pada lahan tanahnya dengan pupuk kandang yang ditebar di sela-sela retakan tanah. Kemudian, pada musim jeda tanam ini, Sudargo memilih mengembangkan tanaman palawija seperti kacang dan jagung putih untuk menjaga kesuburan tanah.

“Panen IPB3S bagus, kakak saya juga menanam, saya ajari untuk dibenihkan lagi bisa, dibagikan ke tetangga yang memerlukan, dan itu berjalan sampai sekarang, Alhamdulillah dapat membantu kebutuhan dan menjawab kegelisahan petani gunung yang kadang disulitkan dengan kondisi air karena lahannya sulit air,” pungkasnya.

Editor: M. Agung Riyadi
Video: Sudargo, asal Desa Ronggo, Jaken, Pati, Jawa Tengah, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *