Teknologi “Bambu Ajaib” Petani Jawa Barat

Garut, Villagerspost.com – Siapa bilang petani tak paham teknologi? Para petani di Kabupaten Garut dan di Pangalengan, Kabupaten Bandung misalnya, bukan sekadar menggunakan atau mengadaptasi teknologi yang ada, melainkan menciptakan teknologi sederhana. Teknologi yang diciptakan adalah teknologi alat penyiram lahan menggunakan bahan alami yaitu ruas-ruas bambu.

Dengan teknologi sederhana yang disebut teknologi “bambu ajaib” ini, para petani mampu mengairi lahan tanaman sayuran mereka secara merata dengan cara mengalirkan air dari sumber air ke lahan yang luas dengan memanfaatkan pipa-pipa yang dibuat dari bambu. Pada ujung bambu dibuat sebuah lubang kecil sehingga dengan tekanan air yang besar membuat air memancar laiknya sebuah “sprinkle”.

Dalam peringatan Hari Tani yang jatuh pada hari ini, 24 September 2017, jasa-jasa para petani yang berjuang secara mandiri untuk bisa memberi makanan yang sehat bagi bangsa ini, seharusnya bisa kita hargai. Sangat ironis ketika petani berjuang memberi makan bangsa, di sisi lain, petani malah dimiskinkan dengan berbagai kebijakan yang merugikan seperti impor pangan.

“Diperingati tiap tahun hanya seremonial saja, toh nasib petani tidak kunjung maju-maju malahan makin terpuruk. Padahal jika petani tidak tanam bangsa ini mau makan apa??” keluh seorang petani. Selamat Hari Tani. #HariTani #StopImporPangan #Pertanian

Laporan/Video: Rahmat Adinata, Praktisi Pertanian Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *