TN Bunaken Rayakan Hari Peduli Sampah Nasional di Desa Arakan | Villagerspost.com

TN Bunaken Rayakan Hari Peduli Sampah Nasional di Desa Arakan

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di TN Bunaken, dipusatkan di Desa Arakan (dok. tn bunaken/eko handoyo)

Minahasa Selatan, Villagerspost.com – Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 yang jatuh pada hari ini, Senin (4/3), diperingati pihak pengelola Taman Nasional Bunaken di Desa Arakan. Desa yang terletak di Kecamatan Tatapaan, Kabupaten Minahasa Selatan itu, merupakan salah satu desa penyangga bagian selatan TN Bunaken.

Peringatan HPSN 2019 kali ini mengambil tema “Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai”. Dalam kegiatan itu, sebanyak 1000 orang bergerak membersihkan sampah dari sekitar area pesisir dan laut di seluruh kawasan pesisir pantai dan kawasan Desa Arkan di kawasan TN Bunaken.

Kegiatan bersih sampah ini dilaksanakan atas kerjasama antara Balai Taman Nasional Bunaken dengan Kementerian LHK, Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dan TNI AL. Acara ini juga diikuti oleh perwakilan desa-desa penyangga bagian selatan Taman Nasional Bunaken seperti Desa Poopoh, Desa Teling, Desa Kumu, Desa Pinasungkulan Kecamatan Tombariri, di Kabupaten Minahasa.

sejumlah 1000 orang terlibat dalam aksi bersih sampah dari kawasan pantai dan kawasan sekitar Desa Arakan (dok. tn bunaken/eko handoyo)

Kemudian, perwakilan desa dari Desa Rap-Rap, Desa Sondaken, Desa Pungkol, Desa Wawontulap, dan Desa Popareng, Kecamatan Tatapaan, di Kabupaten Minahasa Selatan. Hadir pula para siswa-siswi SD, SMP, para prajurit TNI AL.

Selain melakukan agenda kegiatan bersih sampah, dalam kesempatan itu juga dilakukan peninjauan terhadap kelompok Sama Senang sebagai penerima bantuan motor pengangkut sampah dari Taman Nasional Bunaken dan peninjauan pelaksanaan program Bank Sampah di Desa Arakan.

Dari kegiatan bersih sampah ini, berhasil terkumpul 800 kilogram sampah yang didominasi oleh sampah plastik (dok. tn bunaken/eko handoyo)

Desa Arakan merupakan desa project climate change CTI-CFF dimana dalam program tersebut merupakan proses awal Desa Arakan sebagai desa percontohan dalam pengelolaan sampah berbasis komunitas. Dalam kegiatan bersih sampah pantai kali ini, berhasil dikumpulkan sebanyak 800 kilogram sampah yang didominasi plastik dan kain terkumpul.

Laporan/Foto: Eko Handoyo, S.Hut, PEH pada Balai Taman Nasional Bunaken, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *