Warga Desa Tegalgandu Kembangkan Makanan Olahan Sorgum | Villagerspost.com

Warga Desa Tegalgandu Kembangkan Makanan Olahan Sorgum

Brebes, Villagerspost.com – Warga Desa Tegalgandu, Kecamatan Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, mengembangkan makanan tradisional olahan berbahan dasar sorgum. Makanan berupa kue tradisional jalabia itu, dibuat dari tepung sorgum yang dicampur berbagai macam bahan lainnya.

Sorgum sendiri merupakan tanaman alternatif yang saat ini coba dikembangkan di Tegalgandu, selain padi. Di pertengahan September ini, lahan sorgum seluas 1000 meter persegi di Tegalgandu menghasilkan sorgum seberat 300 kilogram.

Makanan olahan kue jalabia ini dibuat dari tepung sorgum yang dicampur dengan bahan-bahan seperti garam, vanili, yang diaduk hingga kalis. Kemudian setelah adonan jadi, dibentuk menjadi bulat-bulat seperti donat, kemudian digoreng hingga matang, berwarna cokat tua dengan api kecil.

Setelah ditiriskan, kue jalabia ini bisa ditambahkan dengan irisan karamel dari gula jawa yang terbuat dari campuran vanili, air dan gula jawa. Oleh warga, kue-kue jalabia ini dijual dalam kemasan plastik mika yang satu kemasannya berisi 3 potong kue yang dijual seharga Rp2000. Untuk pemasaran, kue-kue ini sementara waktu hanya dipasarkan terbatas di sekitaran Desa Tegalgandu.

Laporan/Video: Suharjo, petani muda asal Brebes, jurnalis warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *