Yonggang, Popcorn “Jagung Rote” Khas Mauliru Organik | Villagerspost.com

Yonggang, Popcorn “Jagung Rote” Khas Mauliru Organik

Sumba Timur, Villagerspost.com – Popcorn jagung bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal di perkotaan, mungkin merupakan hal biasa. Tetapi menikmati “popcorn” yang dibuat dari sorgum alias jagung rote, dijamin hanya ada di Mauliru, Sumba Timur, khususnya di kelompok tani Mauliru Organik.

Seperti umumnya popcorn, penganan ringan yang biasa disebut “yonggang” ala Mauliru Organik ini dibuat dengan cara menyangrai sorgum atau “jagung rote” atau watar hamu di atas perapian yang dinyalakan dari kayu api. Uniknya ternyata jagung rote bisa di-yonggang dan rasanya sangat lezat.

Yonggang ini merupakan kuliner lokal potensial yang bisa jadi andalan untuk daerah pariwisata. Mengapa? Sebab bahannya sudah jarang ditemukan jadi bila dimunculkan kembali seolah barang baru.

Terlebih, Sumba sekarang sudah menjadi tujuan wisata dan makin dikenal oleh dunia luar. Para wisatawan saat berkunjung ke Sumba, tentu mereka butuh makanan khas daerah yang dikunjunginya. Yonggang khas Mauliru ini sungguh lezat dinikmati di sore hari bersama dengan kopi panas yang kental.

Laporan/Video: Rahmat Adinata, Praktisi Pertanian Organik, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *