Andalkan Wisata, Manggarai Timur Bangun Desa Jadi Pusat Pergerakan Ekonomi Rakyat

Kegiatan nelayan Flores menangkap ikan (dok. kiara.or.id)

Manggarai, Villagerspost.com – Bupati Manggarai Timur Agas Andreas mengatakan, pihaknya akan memfokuskan pembangunan desa agar menjadi pusat pergerakan ekonomi rakyat. Untuk itu, pengembangan desa wisata menjadi salah satu fokus yang akan digarap.

“Visi pengembangan pariwisata Manggarai Timur adalah peningkatan taraf ekonomi melalui pariwisata berbasis masyarakat,” kata Andreas, dalam sebuah diskusi bertema pariwisata dan ekonomi kreatif, Kamis (22/4).

Untuk itu, kata Andreas, Manggarai Timur sudah mengawalinya dengan menetapkan lima desa wisata dengan keunggulan masing-masing. Lima desa itu antara lain desa Colol, desa Bamo, desa Golo Loni, desa Nanga Mbaur dan desa Compang Ndejing.

Desa Colol merupakan desa yang terkenal dengan komoditas kopinya. Kemudian, desa Bamo dengan keindahan pantainya. Desa Golo Loni terkenal dengan agrowisata sawahnya, sementara desa Nanga Mbaur punya Komodo “Rugu” dan Danau Rana Tonjong nya. Lalu desa Compang Ndejing yang juga terkenal dengan pesona pantainya.

Dalam mengembangkan potensi desa ini, kata Andreas, pemerintah hanya berperan sebagai fasilitator, dengan menyediakan regulasi, fasilitas, dan sarana prasarana pendukung.

“Ujung tombak dari pariwisata ini adalah masyarakat sendiri. Kami pemerintah hanyalah pendukung. Untuk itu saya mengharapkan komitmen dan partisipasi aktif dari kita semua,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Industri dan Kelembagaan Badan Pelaksana Otoritas Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Neysa Amelia mengungkapkan, Forum Floratama yang sudah terbentuk diharapkan menjadi pintu masuk bagi aspirasi dan ide bersama dalam upaya mendorong maju sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Manggarai Timur.

“Forum ini dibentuk untuk mewadahi komunikasi, kolaborasi dan koordinasi lintas pentahelix, karena untuk membangun pariwisata semuanya memegang peranan penting,” kata Neysa.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *