Anggota DPR Sarankan Konsep Integrasi Pertanian

Petani memanen padi di sawah (dok. litbang.pertanian.go..id)

Jakarta, Villagerspost.com – Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi menyarankan pemerintah mengintegrasikan konsep pertanian dengan peternakan untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Dedi mengatakan, petani harus diberi kegiatan produktif lain selain menggarap sawah, misalnya dengan beternak sapi.

Dia mengusulkan agar para petani yang memiliki sawah di bawah 1 hektare, dibantu bibit sapi untuk dikembangbiakkan. “Nanti diintegrasikan, jerami jadi pakan yang baik. PPL (Penyuluh Petani Lapangan) petanian dan peternakan harus juga terintegrasi dan massif dalam melakukan penyuluhan di seluruh wilayah di Indonesia,” kata Dedi saat memimpin tim kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke BPTU – HPT Indrapuri di Provinsi Aceh, Kamis (19/12).

Dedi juga menyarankan agar petani di Aceh dan umumnya Indonesia harus memiliki usaha sampingan. Dengan demikian, sambil menunggu panen, petani bisa melakukan kegiatan produktif demi meningkatkan kesejahteraan. Dedi berjanji akan mendorong agar petani di Indonesia diberi bantuan anak sapi untuk dibesarkan.

Anak sapi tersebut dikeluarkan melalui BPTU-HPT Indrapuri sebagai lembaga yang menyediakan bibit ternak. Warga penerima bantuan harus diberi target seperti dalam setahun perkembangbiakkan sapi sepertiapa. “Jadi petani akan apunya nilai tambah. Selain buruh tani, dia memiliki sapi. Itu pengalaman saya dulu dan berhasil,” kata politikus Partai Golkar tersebut.

Namun Dedi mengingatkan ada prolem yang kerap mendera para petani dan peternak di Indonesia, yakni harga daging yang rendah di pasaran. Menurut Dedi, harga daging yang dijual di pasar tradisional, tidaklah sebanding dengan biaya perawatan yang dikeluarkan.

Oleh karena itu, dia mendorong Kementerian Pertanian untuk membantu pemasaran sapi dari petani. “Caranya dengan melakukan integrasi pertanian dan perdagangan, sehingga sapi-sapi dari petani bisa dijual dengan harga yang menguntungkan,” tegasnya.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *