Asuransi Nelayan Segera Dijalankan

Nelayan mencari ikan di tengah cuaca buruk (dok. kiara)
Nelayan mencari ikan di tengah cuaca buruk (dok. kiara)

Jakarta, Villagerspost.com – RUU Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan dan Petambak Garam akan segera disahkan. Dewan Perwakilan Rakyat dan pemerintah telah selesai membahas RUU tersebut di tingkat I rapat kerja komisi. Kini draf RUU tersebut tinggal dibawa ke paripurna untuk segera mendapatkan pengesahan.

Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron mengatakan, alah satu kebijakan pokok yang terdapat dalam RUU itu adalah menyangkut masalah asuransi bagi nelayan kecil. Kehadiran RUU ini akan menjadi payung hukum bagi instansi terkait dalam melaksanakan tugasnya.

(Baca Juga: RUU Perlindungan Nelayan Disahkan Maret Ini)

“Komisi IV DPR berharap agar asuransi nelayan, pembudidaya ikan dan petambak garam dapat segera dijalankan, karena anggarannya sudah tersedia,” ujar Herman, seperti dikutip dpr.go.id, Jumat (4/3).

Pemerintah, kata dia, telah menyiapkan dana sebesar Rp250 miliar dari APBN untuk pembayaran premi asuransi nelayan. Terkait pelaksanaannya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan di tahap awal akan ada satu juta nelayan yang akan mendapatkan asuransi tersebut.

Demikian juga soal pemberian subsidi, baik terhadap bahan bakar maupun insentif lainnya diatur dalam RUU ini. “Hal-hal lain yang berkaitan dengan penyediaan pendanaan, pembiayaan, juga dimuat secara rigid, dalam rancangan undang-undang tentang nelayan ini, agar dapat memberikan dorongan wirausaha di bidang perikanan, yang pada akhirnya bisa berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan,” pungkas politisi Partai Demokrat Dapil Jawa Barat VIII itu. (*)

Ikuti informasi terkait RUU Perlindungan Nelayan >> di sini <<

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *