Atasi Masalah Sampah, TN Bunaken Serahkan Bantuan Motor Roda Tiga Kepada Desa Arakan

Motor roda tiga untuk armada pengangkut sampah bantuan dari TN Bunaken untuk masyarakat Desa Arakan (dok. tn bunaken)

Manado, Villagerspost.com – Selain memberikan bantuan peralatan untuk menunjang kegiatan ekonomi kreatif di Pulau Nain, pihak Taman Nasional (TN) Bunaken juga menyerahkan bantuan motor roda tiga kepada kelompok masyarakat di Desa Arakan, Kecamatan Tatapaan, Minahasa Selatan. Bantuan motor yang memiliki bak untuk memuat barang itu, ditujukan untuk mengatasi masalah sampah di kawasan tersebut.

Bantuan motor itu diserahkan Kepala Balai TN Bunaken Dr. Farianna Prabandari, kepada pimpinan kelompok pengelola sampah “Sama Senang” Yasaluna Adi. “Motor pengangkut sampah ini harap dioptimalkan dan diberdayagunakan sebagaimana mestinya, tidak hanya untuk Desa Arakan saja, tetapi desa-desa penyangga lainnya di kawasan selatan Kecamatan Tatapaan,” kata Farianna, saat menyerahkan bantuan tersebut di kantor Balai TN Bunaken, Senin (21/1) kemarin.

“Selain sebagai armada sampah, motor ini juga fungsional bisa sebagai angkutan wisata berkeliling desa, dengan perawatan dan dijaga kebersihan motornya,” tegasnya.

Pemberian bantuan motor sebagai armada pengangkut sampah Desa Arakan bukan tanpa alasan. Pada tahun 2014 Desa Arakan merupakan desa project climate change CTI-CFF dimana dalam program tersebut merupakan proses awal Desa Arakan sebagai desa percontohan dalam pengelolaan sampah berbasis komunitas.

Desa Arakan sendiri merupakan salah satu desa penyangga di bagian selatan Taman Nasional Bunaken. Desa dengan masyarakat yang bermukim Suku Bajo ini, menjadi salah satu desa sentra utama perikanan di Kabupaten Minahasa Selatan.

Desa Arakan juga ditetapkan sebagai desa wisata di Kabupaten Minahasa Selatan berdasarkan Peraturan Bupati Minahasa Selatan Nomor 7 Tahun 2017. Di desa tersebut juga terdapat Pos TNI AL yang berfungsi pula sebagai pembinaan potensi maritim masyarakat pesisir.

Dalam rangka itu, pada bulan November 2017 lalu, Balai TN Bunaken bersama Lantamal VIII menyelenggarakan festival kerakyatan dalam Karnaval Katinting untuk mempromosikan desa ekowisata bahari.

Aspotmar Lantamal VIII Kolonel Laut Rumpoko yang hadir dalam acara penyerahan bantuan itu, menyampaikan apresiasinya kepada pihak TN Bunaken. “Ini baru pertama kalinya sejak kami mengupayakan adanya pembinaan masyarakat di wilayah pesisir kemudian mendapatkan fasilitas armada pengangkut sampah,” ujarnya.

“Akan kami cek penggunaannya dan kami bantu mengawasi implementasinya di lapangan, karena kebetulan di Desa Arakan terdapat Pos TNI AL,” tegas Kolonel Rumpoko.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *