BAKN DPR: Inspektorat Daerah Harus Lebih Berperan Awasi Dana Desa | Villagerspost.com

BAKN DPR: Inspektorat Daerah Harus Lebih Berperan Awasi Dana Desa

Ilustrasi dana desa.  (dok. kulonprogokab.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) Willgo Zainar mengatakan, inspektorat daerah harus lebih dikedepankan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan dana desa. Selama ini , aparat penegak hukum (kepolisian dan kejaksaan) terdepan melakukan pengawasan, kemudian inspektorat ada di belakang.

“Ini akan kita kaji ulang, Inspektorat harus di depan melakukan pembinaan terlebih dahulu agar pemerintah desa bisa tenang dalam mengelola dana desa,” kata Wilgo, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (31/1).

Wilgo mengatakan, peran inspektorat menjadi penting. Khususnya dalam pembinaan karena selama ini pemerintah desa seolah ketakutan ketika dihadapkan dengan pengawasan yang dilakukan dari aparat penegak hukum.

Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Nata Irawan pada kesempatan yang sama juga menyayangkan kurang optimalnya peran inspektorat dalam melakukan pembinaan. “Malahan memaksimalkan intsitusi hukum di luar pemerintah daerah seperti kejaksaan dan kepolisian,” ujar Nata.

Terkait dengan pembinaan pada pengelolaan dana desa, perwakilan forum Kades se-Provinsi NTB Zulkarnaen mengamini upaya tersebut. Dari 1115 kepala desa, hampir separuhnya melapor dengan permasalahan antara kepala desa dengan aparat penegak hukum.

“Pengawasan, kami sangat setuju kalo difokuskan pada pembinaan. Jangan hanya mencari kesalahan. Selama ini kami merasa kesalahan-kesalahan kami selalu dicari,” pungkas Zulkarnaen

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *