Berharap Merauke Jadi Lumbung Pangan Nasional

Pembukaan musim tanam padi di Merauke (dok. kementerian pertanian)
Pembukaan musim tanam padi di Merauke (dok. kementerian pertanian)

Jakarta, Villagerspost.com – Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo mengatakan, Kabupaten Merauke, Papua, di masa depan bisa menjadi lumbung pangan nasional. Hal itu dimungkinkan karena Merauke memiliki kekayaan pertanian dan perikanan yang luar biasa. Tak heran jika Presiden Joko Widodo menetapkan Merauke sebagai salah satu wilayah penyuplai pangan nasional.

Jika Merauke berhasil menjadi penyuplai pangan nasional, pemerintah tak perlu lagi melakukan impor pangan. “Di Merauke ada jenis tebu endemik yang sangat bagus sebagai bahan baku produksi gula. Pertanian dan perikanannya juga sangat luar biasa. Jadi, kita berkunjung ke sini untuk mengetahui apa saja kendala yang masih ditemukan sebagai lumbung pangan nasional,” kata Edhy, usai bertemu Wakil Bupati Merauke di Merauke, Papua, Jumat (11/11).

Untuk diketahui, potensi lahan untuk pangan di Merauke mencapai 1,2 juta hektare. Peluang lainnya, Merauke berupa dataran dengan basis lahan pasang surut dan rawa tipe C. Kondisi airnya juga cukup bagus karena tersedia setiap saat.

Dengan potensi tersebut, pemerintah menetapkan untuk mengembangkan kawasan pangan modern hingga 1 juta hektare dalam tiga tahun mendatang. Rencana tersebut telah dimulai tahun 2015 seluas 250 ribu ha.

Jika program ini berhasil, Indonesia bakal mendapat tambahan produksi padi hingga 3 juta ton. Dengan luas 250 ribu ha dan produktivitas 6 ton/ha, maka sekali panen akan ada tambahan 1,5 juta ton, atau 3 juta ton untuk dua kali tanam.

Hanya saja, otoritas pertanian setempat memaparkan, kendala utama di Merauke adalah infrastruktur pertanian yang masih minim dan alih lahan, dari hutan menjadi areal sawah. Infrastruktur yang dimaksud adalah jaringan irigasi yang belum banyak dibangun.

Sementara alih lahan masih jadi kendala lain di lapangan. Banyak petani di Merauke yang menginginkan kepastian alih lahan agar bisa digarap menjadi areal persawahan. Ini butuh bantuan kementerian terkait agar alih lahan menjadi jelas.

Dalam pertemuan dengan Wakil Bupati dan jajaran SKPD lainnya, Edhy menegaskan, Merauke bisa jadi kawasan yang hebat dan luar biasa di Indonesia, karena kekayaan sektor pertanian dan perikanannya. “Mestinya, kehebatan Merauke ini sudah bisa diangkat sejak lama,” kata politisi Partai Gerindra itu. (*)

Ikuti informasi terkait MIFEE >> di sini <<

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *