Bertemu Rutte, Jokowi Bahas CPO | Villagerspost.com

Bertemu Rutte, Jokowi Bahas CPO

Industri pengolahan minyak sawit nasional (dok.agro.kemenperin.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Presiden Joko Widodo membahas masalah kebijakan Uni Eropa terkait pelarangan produk crude palm oil (CPO), khususnya asal Indonesia ke pasar Eropa, dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10). “Saya sampaikan kembali, concern Indonesia untuk kebijakan UE terhadap kelapa sawit,” ujar Jokowi.

Dalam keterangannya saat memberikan keterangan pers usai pertemuan dengan Rutte itu, Jokowi menyampaikan apresiasinya terhadap kerja sama yang disepakati oleh kedua negara di New York pada 26 September kemarin terkait pengembangan kapasitas petani kecil sawit sehingga dapat menghasilkan kelapa sawit yang lestari.

Jokowi menyampaikan, kerjasama kedua negara khususnya kerjasama bidang perdagangan perlu ditingkatkan kembali mengingat terjadinya pelemahan ekonomi dunia saat ini. Bagi Indonesia, Belanda merupakan salah satu mitra penting di Eropa baik di bidang perdagangan, investasi, maupun pariwisata.

“Dan di antara negara-negara Eropa, Belanda merupakan mitra dagang nomor dua terbesar dan mitra investasi nomor 1 dan mendatangkan wisatawan nomor 4 terbesar dari Eropa,” ucapnya.

Sementara itu, di bidang investasi, Indonesia ingin agar Belanda terus meningkatkan kerjasama di bidang infrastruktur maritim, pengelolaan air, dan pengembangan sumber daya manusia di bidang kemaritiman dan keperawatan.

“Saya (juga) sampaikan kepada PM Rutte bahwa dalam lima tahun ke depan, saya akan memberikan prioritas pengembangan SDM. Oleh karena itu, pendidikan menjadi sangat penting, terutama pendidikan vokasi,” jelas Jokowi.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *