BK Unnes Gelar Pelatihan Bimbingan Karier Berkelanjutan, Ciptakan SDM Terampil dan Unggul

Pelatihan Bimbingan Karier berkelanjutan yang digelar Tim Pengabdian Masyarakat BK Unnes (dok. universitas negeri semarang)

Semarang, Villagerspost.com – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang (UNNES) membimbing 16 anggota karang taruna Dukuh Puntan, Kelurahan Ngijo, Gunungpati, Semarang, Minggu (10/10). Acara ini merupakan agenda lanjutan dari kegiatan yang sudah berlangsung minggu lalu yaitu pada tanggal 3 Oktober 2021 dengan tema: “Bimbingan Karier Berkelanjutan untuk Menciptakan Peluang Kerja di Era Digital”.

Dalam agenda pada pertemuan kedua ini, para peserta diberikan materi aplikasi bimbingan karier berkelanjutan yang dilakukan secara berkelompok. “Karier berkelanjutan dipandang sebagai proses yang dinamis dan menjelaskan lebih lanjut tentang bagaimana individu tersebut dalam konteksnya berubah dari waktu ke waktu,” ujar Ketua Tim Pengabdian Dr. Sinta Saraswati, M.Pd., Kons.

Karena itu, ujar Sinta, individu menjadi aktor utama dalam perkembangan kariernya. “Individu secara terus-menerus memengaruhi potensi kariernya melalui pilihan karier yang dibuat, siklus pembelajaran yang dilalui, peluang yang ditemui, dan potensi karier tersebut secara bergantian memengaruhi peluang karier yang akan datang hingga terjadi ketersinambungan karier seseorang,” jelas Sinta.

Oleh karena itu, kata dia, tim pengabdian melakukan bimbingan karier berkelanjutan yang dilakukan secara berkelompok dengan membahas rencana karier yang telah disusun oleh peserta untuk mengenali profil diri secara jelas, menyelaraskan dengan tujuan karier serta menetapkan pilihan.

Kegiatan yang dipandu oleh Vira Mulyawati diawali dengan pembukaan, ice breaking, dan peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Peserta membentuk kelompok sesuai dengan arahan tim dengan difasilitasi oleh fasilitator untuk melakukan bimbingan karier berkelanjutan yang terdiri dari: Kusnarto Kurniawan, M. Pd., Kons., Afriyadi Sofyan, M. Pd., Kons., dan Edwindha Prafitra Nugraheni, M. Pd., Kons.

Peserta dengan serius memperhatikan arahan dari pembimbing (dok. universitas negeri semarang)

Bimbingan karier berkelanjutan secara kelompok berlangsung kurang lebih selama satu jam diawali dengan pengenalan diri fasilitator dan anggota dalam kelompok, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian rencana karier yang terdiri dari profil diri, jenis pekerjaan yang diminati, dan sumber informasi karier masing-masing anggota dalam kelompok yang diselingi dengan permainan yang menyenangkan.

Kegiatan diakhiri dengan ucapan terimakasih Tim Pengabdian kepada anggota Karang Taruna Dukuh Puntan, Kelurahan Ngijo, kecamatan Gunungpati, Semarang, yang diwakilkan oleh Ketua Tim Pengabdian Dr. Sinta Saraswati, M.Pd., Kons., kepada peserta yang diwakilkan oleh Tri Hidayati Ningrum.

Sinta mengatakan, melalui kegiatan bimbingan karier berkelanjutan ini harapannya peserta dapat lebih mengenali profil diri secara jelas, menyelaraskan dengan tujuan karier serta menetapkan pilihan. Sehingga, dengan kegiatan ini dapat menjadi modal bagi generasi muda sebagai bagian dari masyarakat untuk membuat keputusan yang terarah dan terencana terkait masa depan dan peran yang akan ia ambil dan jalani nantinya juga meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarganya.

“Dari kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan sumbangsih nyata dalam upaya membantu program pemerintah untuk membangun sumberdaya manusia unggul,” tegas Sinta.

“Mengingat Indonesia saat ini berada dalam periode Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang menuntut sumber daya manusia Indonesia yang terampil dan unggul agar memiliki daya saing yang tinggi sehingga memiliki kontribusi dalam pembangunan bangsa,” pungkasnya.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *