Bripka Ismail Atbar: Polisi Peduli Literasi dari Desa Kanreapia | Villagerspost.com

Bripka Ismail Atbar: Polisi Peduli Literasi dari Desa Kanreapia

Bripka Ismail Atbari, menyumbangkan buku bacaan ke Rumah Koran, pusat literasi Desa Kanreapia (dok. rumah koran)

Gowa, Villagerspost.com – Tugas anggota kepolisian memang sejatinya bukan sekadar menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat saja. Banyak tugas-tugas kemasyarakatan lainnya yang dilaksanakan para anggota kepolisian yang bisa menjadi contoh baik bagi masyarakat.

Salah satunya adalah seperti yang dilakukan Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Ismail Atbar yang bertugas sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Ismail Atbar adalah seorang bintara tinggi kepolisian yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap isu-isu literasi dan pemberantasan buta huruf di desa dimana dia bertugas.

Salah satu bentuk kepedulian itu dia tunjukkan dengan cara menyumbang buku bacaan ke Rumah Koran, yang merupakan wadah pendidikan literasi bagi petani dan anak-anak petani. Sumbangan buku itu diberikan bertepatan dengan peringatan Hari Literasi Internasional, yang jatuh pada hari ini, Sabtu (8/9).

“Saya menyumbangkan buku bacaan ke Rumah Koran ini dengan harapan minat berpendidikan dan membaca buku bisa tumbuh dan kolekasi bacaab Rumah Koran makin beragam,” kata Ismail, saat bertemu dengan pendiri Rumah Koran Jamaluddin Daeng Abu.

Selain menyumbang buku lewat program sedekah buku, Ismail juga banyak terlibat dalam program literasi di Rumah Koran, salah satunya adalah progam membaca buku di sungai yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Dia mengaku, melakukan semua itu semata untuk memberantas buta huruf di desa tempatnya bertugas.

“Ilmu bukan saja bisa didapatkan di bangku sekolah namun bisa didapat di luar sekolah. Dan mereka ini adalah anak-anak yang sudah putus sekolah. Membaca adalah salah satu cara memperoleh segudang ilmu, sehingga membaca itu penting,” tambahnya.

Kepedulian Bripka Ismail Atbar terhadap pemberantasan buta huruf ini sendiri tak luput dari perhatian Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga. “Ini merupakan salah satu upaya mencerdaskan kehidupan bangsa tetap semangat dan teruslah berinovasi sehingga kehadiran polisi dapat dirasakan oleh masyarakat,” kata Shinto.

Jamaluddin sendiri selaku pendiri Rumah Koran mengapreasiasi kepedulian yang ditunjukkan Ismail. “Ini bentuk sinergi bersama antara Bhabinkamtibmas dan Rumah Koran untuk mewujudkan Desa Kanreapia yang maju dan berpendidikan.¬†Mewujudkan Desa Kanreapia sebagai desa wisata, kampung organik dan kampung literasi,” ujarnya.

Laporan/Foto: Tim Jurnalis Desa Kanreapia

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *