BUMDes Didorong Lakukan Klasterisasi Usaha

Ilustrasi Badan Usaha Milik Desa (dok. kemendesa pdtt)

Jakarta, Villagerspost.com – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mengatakan, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) perlu melakukan klasterisasi untuk menyesuaikan usaha dengan keunggulan dan potensi yang dimiliki oleh desa. “Hal ini, akan memudahkan mengembangkan BUMDes tersebut dan menaikkan statusnya menjadi lebih baik lagi,” kata Arie, saat bertemu dengan Komisaris Utama PT Mitra BUMDes Nusantara (MBN) Imam Subowo bersama jajaran di ruang rapat PKTrans, di Jakarta, Kamis (5/3).

Terkait keberadaan 250 desa di Kawasan Pariwisata Super Prioritas Nasional, Wamen Budi Arie mengatakan, perlu dilakukan plotting BUMDes dan Desa untuk menentukan intervensi program yang dilakukan karena hal itu berkaitan dengan percepatan pembangunan kawasan super prioritas ini.

Budi Arie mengatakan, jika program yang diturunkan di Kawasan itu tepat maka BUMDes maju dan masyarakat desa semakin sejahtera dan berkembang. “Masyarakat tidak boleh jadi penonton dalam pengembangan Kawasan Pariwisata Super Prioritas Nasional, jadi perlu dikembangkan Desa. Pertanian, Perikanan dan Pariwisata merupakan Masa Depan Indonesia,” kata Budi.

Selain itu, kata Arie, BUMDes diharapkan bisa meningkatkan kualitas dengan sistem manajemen mutu yang jelas agar bisa Go International. “Harus ada sinergi lintas sektor termasuk dalam Kemendes PDTT untuk bisa penuhi target RPJMN 2020-2024 untuk bisa melahirkan BUMDes jadi Maju dan Mandiri,” kata Budi.

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas BUMDes dan BUMDes Bersama adalah perlu adanya kodefikasi yang sama, tidak perlu ada lagi perbedaan kodefikasi antar Direktorat dalam penanganan BUMDes ini.

“Jangan lagi ada perbedaan kodefikasi BUMDes. Selain itu, harus ada detail yang jelas dan standarisasi yang sama dalam mengembangkan BUMDes yang disesuaikan dengan keunggulan yang dimiliki desa,” kata Wamen Budi.

Budi Arie berharap pada pertemuan selanjutnya disusun rencana aksi untuk plotting BUMDes dan desa, utamanya yang berada di Kawasan Pariwisata Super Prioritas Nasional.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *