Bumdes Kalpataru Ikuti Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Permodalan BUMDes Kabupaten Gowa | Villagerspost.com

Bumdes Kalpataru Ikuti Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Permodalan BUMDes Kabupaten Gowa

Jamaluddin Daeng Abu mewakili BUMDes Kalpateru di acara Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Permodalan BUMDes Kabupaten Gowa (dok. BUMDes Kalpataru)

Makassar, Villagerspost.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kalpataru, Desa Kareapia, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Selawesi Selatan diundang untuk menghadiri Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten dengan Tema Mendorong Peran Aktif Semua Komponen Masyarakat dan Pemerintah Dalam Membangun Desa. Rapat tersebut dilaksanakan oleh Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Dinas PMD Kabupaten Gowa, di Makassar, Sabtu (9/6).

Sebanyak 20 BUMDes, dan Kepala Desa di Kabupaten Gowa di undang dalam rapat yang juga sekaligus sosialisasi permodalan BUMDes ini. Terkait hadirnya BUMDes Kalpataru dalam pertemuan itu, Kepala Desa Kanreapia Astan, S.Sos., memberikan apresiasnya.

“Saya sangan merespons positif dan akan senantiasa memberikan dukungan kepada BUMDes Kalpataru agar ke depan Desa Kanreapia, semakin maju,” ujarnya kepada Jamaluddin Daeng Abu, Ketua BUMDes Kalpataru yang juga merupakan jurnalis warga untuk Villagerspost.com.

BUMDes Kalpataru sendiri, memang merupakan BUMDes yang mendorong berkembangnya pertanian organik di Desa Kanreapia. Salah satu bisnis andalan BUMDes ini adalah penjualan berbagai alat kebutuhan untuk pertanian organik, seperti pupuk organik.

Melalui bantuan penyediaan alat pertanian organik oleh Toko Tani Organik milik BUMDes Kalpataru, saat ini petani, khususnya di Desa Kanreapia, banyak yang beralih ke sistem pertanian organik, atau setidaknya semi organik. Petani Desa Kanreapia banyak yang mulai meninggalkan kebiasaan lama bertani dengan menggunakan input kimia yang merusak lingkungan.

Dengan cara ini, BUMDes Kalpataru juga mendorong terbentuknya Desa Kanreapia menjadi kawasan desa wisata kampung organik. Desa Kanreapia juga tengah berkembang menjadi kampung literasi dengan berdirinya Rumah Koran.

Apresiasi juga diberikan oleh Kartini, Pendamping Desa Kanreapia. “Semoga kegiatan sosialisasi ini 20 BUMDes, yang diundang bisa bertambah,” ujarnya. Dia berharap informasi cara dan syarat penyusunan proposal untuk mendapatkan bantuan modal usaha dari Kementerian Desa ini bisa tersosialisasi dengan baik.

“Semoga Bumdes Kalpataru ke depan semakin maju dan bisa menjadi contoh kepada BUMDes yang lain yang ada di Tombolo Pao Khususnya dan Kabupaten Gowa pada umumnya,” ujar Kartini.

Diundang mewakili Kabupaten Gowa ini, memang bukan pertama kali untuk BUMDes Kalpataru. Sebelumnya pada Desember tahun lalu BUMDes Kalpataru juga terpilih menjadi salah satu dari enam BUMDes untuk mewakili Kabupaten Gowa dalam acara Diseminasi Dana Desa dan Pameran Produk-Produk BUMDes.

Acara tersebut digelar oleh Kementerian Keuangan di Aula Kabupaten Gowa, Kamis (21/12). Dalam acara tersebut, BUMDes Kalpataru menampilkan produk-produk andalan mereka diantaranya buah markisa lokal, sayur organik seperti kol, sawi, wortel, kentang dan daun bawang, serta produk lainnya.

BUMDEs Kalpataru juga memperkenalkan kepada para kepala desa dan camat se Kabupaten Gowa yang hadir akan potensi Desa Kanreapia sebagai desa wisata yang terkenal dengan hawanya yang dingin, sejuk, berkabut dan banyak ditumbuhi sayuran organik yang segar.

Upaya ini pun mendapat sambutan positif dari pemerintah Kabupaten Gowa. “Semoga BUMDes Kalpataru ke depan bisa menjadi penggerak ekonomi desa dan bisa menjadi contoh, sebagai desa wisata, kampung organik, dan kampung literasi,” ujar Camat Tombolo Pao Baharuddin Lewa.

“Pemerintah akan selalu bersama BUMDes Kalpataru untuk mewujudkan desa wisata, kampung organik dan kampung literasi demi majunya daerah kita bersama,” tambahnya.

Laporan: Jamaluddin Daeng Abu, Petani Muda Desa Kanreapia, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *