BUMDes Kalpataru Wakili Gowa di Ajang Diseminasi Dana Desa dan Pameran Produk BUMDes

Para pengunjung melihat sayuran segar produksi BUMDes Kalpataru Desa Kanreapia (dok. villagespost.com/jamaluddin dg abu)

Gowa, Villagerspost.com – BUMDes Kalpataru dari Desa Kanreapia, terpilih menjadi salah satu dari enam BUMDes untuk mewakili Kabupaten Gowa dalam acara Diseminasi Dana Desa dan Pameran Produk-Produk BUMDes. Acara tersebut digelar oleh Kementerian Keuangan di Aula Kabupaten Gowa, Kamis (21/12).

Dalam acara tersebut, BUMDes Kalpataru menampilkan produk-produk andalan mereka diantaranya buah markisa lokal, sayur organik seperti kol, sawi, wortel, kentang dan daun bawang, serta produk lainnya. BUMDEs Kalpataru juga memperkenalkan kepada para kepala desa dan camat se Kabupaten Gowa yang hadir akan potensi Desa Kanreapia sebagai desa wisata yang terkenal dengan hawanya yang dingin, sejuk, berkabut dan banyak ditumbuhi sayuran organik yang segar.

Upaya ini pun mendapat sambutan positif dari pemerintah Kabupaten Gowa. “Semoga BUMDes Kalpataru ke depan bisa menjadi penggerak ekonomi desa dan bisa menjadi contoh, sebagai desa wisata, kampung organik, dan kampung literasi,” ujarnya kepada Villagerspost.com.

BUMDes Kalpataru memperkenalkan Desa Kanreapia sebagai desa wisata, juga desa organik (dok. villagerspost.com/jamaluddin dg abu)

“Pemerintah akan selalu bersama BUMDes Kalpataru untuk mewujudkan desa wisata, kampung organik dan kampung literasi demi majunya daerah kita bersama,” kata Camat Tambolo Pao Baharuddin Lewa SE, dalam kunjungannya ke dtan BUMDes Kalpataru.

Sementara itu, Dirjen Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan Boediarso Teguh Widodo memberikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Gowa yang dinilai sebagai kabupaten tercepat dalam menuntaskan kemiskinan di daerahnya. “Dari seluruh kabupaten dan kota di Indonesia, Kabupaten Gowa nomor urut tujuh sebagai daerah tercepat dalam menuntaskan kemiskinan,” ujar Boediarso.

Terkait dana desa, Boediarso mengatakan, para kepala desa wajib mengelola dana desa dengan transparan dan akuntabel untuk kesejahteraan masyarakat desa dengan memberikan layanan terbaik. “Ukuran suksesnya ada dua yaitu kalau masyarakat puas dengan sarana dan prasarana yang ada di desa serta menciptakan lapangan kerja sebanyak mungkin bagi masyarakat,” terangnya.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, diseminasi dana desa sangat tepat di Kabupaten Gowa. “Gowa merupakan satu-satunya kabupaten yang menerapkan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes),” ujarnya. (*)

Laporan/Foto: Jamaluddin Dg Abu, Petani Muda Desa Kanreapia, Pendiri Rumah Koran, Jurnalis Warga untuk Villagespost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *