Cegah Covid-19, TN Bunaken Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Fasilitas Umum

Penyemprotan disinfektan di kawasan lapak penjual sovenir di kawasan TN Bunaken (dok. tn bunaken)

Manado, Villagerspost.com – Untuk mencegah meluasnya pandemi Covid-19, Balai Taman Nasional Bunaken, Seksi Pengelolaan Wilayah I dengan berkoordinasi Pemerintah Kecamatan Bunaken Kepulauan, Kota Manado dan Polsek Bunaken Kepulauan melakukan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan disinfektan dilakukan di fasilitas umum, rumah warga dan lapak-lapak jualan souvenir di Pantai Liang, Pulau Bunaken.

Pantai Liang Pulau Bunaken merupakan salah satu pintu masuk kawasan Taman Nasional Bunaken dan menjadi area yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. “Beberapa titik yang menjadi fasilitas publik seperti dermaga, loket karcis, ruang tunggu, lapak souvenir, dan tempat jualan telah kami lakukan penyemprotan dengan disinfektan guna mencegah penyebaran wabah,” kata Kepala Seksi Wilayah I Gatot Santoso selaku penanggung jawab lapangan, dalam pernyataan tertulis yang diterima Villagerspost.com, Sabtu (4/4).

Penyemprotan disinfektan di kawasan dermaga di kawasan TN Bunaken (dok. tn bunaken)

Gatot mengatakan, kegiatan penyemprotan disinfektan ini sangat penting sebagai upaya mencegah dan memberantas virus dari bertumbuh-kembang di area publik. “Penyemprotan dengan menggunakan cairan disinfektan adalah langkah konkret kami untuk memastikan ruang-ruang publik wisata di Liang Pulau Bunaken bersih,” papar Gatot.

Aksi penyemprotan disinfektan dalam rangka pencegahan Covid-19, juga dilakukan tim SPTN Wilayah I di beberapa wilayah kerja, terutama penyemprotan pada kantor Seksi dan kantor Resor. Demikian pula dengan rumah-rumah masyarakat di sekitar kantor resor juga dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Hal tersebut merupakan permintaan masyarakat sendiri yang ingin dibantu agar rumahnya dapat dilakukan penyemprotan disinfektan,” jelas Gatot.

Penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga (dok. tn bunaken)

“Antusiasme warga adalah upaya bersama dalam pencegahan meluasnya wabah, akan tetapi sejauh ini kami belum dapat mengakomodir semua penyemprotan disinfektan untuk seluruh desa penyangga, untuk itu kami akan mengkoordinasikan pada pihak Pemerintah Daerah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dapat lebih maksimal,” tambah Gatot.

Titik awal penyemprotan kami mulai di fasilitas umum yang menjadi jalur penyeberangan masyarakat di Dermaga Tiwoho Wori untuk menuju ke Pulau Mantehage dan Nain lalu dilanjutkan ke fasilitas umum di Pulau Bunaken. “Beberapa titik lainnya kami harapkan akan dilakukan penyemprotan yang sama oleh para pihak,” sambung Gatot.

“Beberapa rumah warga dan fasilitas ibadah yang berdekatan dengan lingkungan kantor Resort serta layanan fasilitas umum juga kami lakukan penyemprotan disinfektan,” tutupnya.

Penyemprotan disinfektan di areal masjid (dok. tn bunaken)

Hal senada disampaikan oleh Kepala Balai TN Bunaken Farianna Prabandari. “Selama masa penutupan sementara dari aktivitas wisata alam, kami akan melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19 ini terutama di lokasi yang menjadi area kunjungan wisata, tempat berkumpul pengunjung dan fasilitas publik lainnya,” ujarnya.

“Karena cairan disinfektan ini bagian dari zat kimia berbahaya, dan selagi kondisi area sepi, berkurang dari aktivitas wisata menjadi kesempatan kami untuk strerilisasi, maka tidak terggangu oleh hiruk pikuk wisatawan,” pungkas Farianna.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *