Dapur Berkah Ramadhan, Program Berbagi Sayur Ke Pondok Pesantren di Sulsel

Pendiri Rumah Koran Jamaluddin Daeng Abu menyerahkan secara simbolis bantuan sedekah sayuran ke panti asuhan Rahma Aziza (dok. rumah koran)

Gowa, Villagerspost.com – Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Sulawesi Selatan, bekerja sama dengan Rumah Koran, dan Satuan Brimob Polda Sulsel mendirikan Dapur Berkah Ramadhan. Lewat gerakan ini, ketiga lembaga tersebut menggerakkan para petani untuk berbagai sayuran ke-19 pondok pesantren di Sulsel.

“Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa dan penuh dengan keutamaan. Bulan Ramadhan Bulan penuh berkah yang menjadi energi untuk semakin bergairah melakukan kebaikan-kebaikan,” kata Ketua Laznas BMH Sulsel Ustadz Kadir, kepada Villagerspost.com, Selasa (13/4).

Dengan tema “Ramadhan, Kebaikan Tanpa Batas”, Dapur Berkah Ramadhan pun melakukan berbagai kegiatan. Di antaranya, pengiriman paket Program Dapur Berkah Ramadhan untuk memenuhi kebutuhan makan sahur dan buka puasa bagi 1.576 dhuafa dan santri penghafal Al-Qur’an di 19 Pesantren binaan BMH di Sulawesi-Selatan.

Program ini juga juga melibatkan Komunitas Rumah Koran Kabupaten Gowa dan Satbrimob Polda Sulsel. Kedua lembaga itu bertugas untuk menyiapkan paket sayuran seperti kol, sawi hijau, terong, wortel, timun, daun bawang, dan labu siam.

Pendiri Rumah Koran Jamaluddin Daeng Abu mengatakan, ada sebanyak tiga ton sayur dengan jenis sayur yang berbeda mampu terkumpul dan langsung di bawa ke Kantor BMH Sulawesi Selatan di BTP, Poros Jl. Tamalanrea Raya No 27A, Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada BMH Sulsel, karena telah mengajak Rumah Koran berkolaborasi menyiapkan sayur-mayur untuk program Dapur Berkah Ramadhan,” kata Jamaluddin.

Ipda Purwanto anggota Satbrimob Polda Sulsel mengatakan, sayur sebanyak tiga ton ini dijemput dan diantar ke Kantor BMH Sulsel sebanyak dua kali. “Karena jumlahnya yang banyak, sehingga saya bersama founder Rumah Koran dua kali mengantar ke Kantor BMH, dan Alhamdulillah sayurnya telah sampai semua,” ujarnya.

Sayur-mayur tersebut telah terkirim sejak Senin, 12 April 2021. Sayur mayur tersebut kemudian langsung dipindahkan ke mobil box milik BMH Sulsel dan selanjutnya di distribusikan ke-19 Pondok Pesantren Binaan BMH Sulsel.

Selain aksi sedekah sayur, BMH Sulsel juga melaksanakan beberapa program lain seperti pelepasan 15 orang dai yang akan bertugas sebagai imam masjid, guru mengaji, dan dai selama Ramadhan melalui program Sebar Dai Ramadhan di 15 desa yang tersebar di beberapa kabupaten di Sulsel dan Sulbar.

BMH Sulsel juga melaksanakan program Penyaluran Sedekah Jariyah Mushaf Al Qur’an untuk 1.576 Santri Kader Penghafal Al Qur’an di 19 pesantren binaan BMH, dan penyaluran 1.000 paket program Berbagi Beras Berbagi Bahagia Tahap Kedua.

Kemudian, penyerahan secara simbolis bantuan untuk pembangunan Musholla Tahfidz Parepare, Asrama Pesantren Al A’raf Bulukumba, dan Asrama Pesantren Al Jihad Belopa. Berikutnya adalah penyerahan secara simbolis bantuan untuk program sumur bor untuk pesantren.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *