Dari Jerami jadi Pakan Ternak

Tumpukan jerami padi siap diolah untuk dijadikan pakan ternak (dok. villagerspost.com/rahmat adinata)
Hijauan lain yang bisa dijadikan campuran untuk pakan ternak (dok. villagerspost.com/rahmat adinata)
Mengolah jerami dan hijauan untuk difermentasi, untuk pakan ternak (dok. villagerspost.com/rahmat adinata)

Sumba Timur, Villagerspost.com – Jerami padi merupakan limbah pertanian yang tersedia dalam jumlah cukup banyak dibanding dengan limbah pertanian lainnya, serta mudah diperoleh untuk dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan sebagian menjadi kompos. Ternak sapi, kerbau dan kambing yang menkonsumsi jerami padi menghasilkan kotoran (pupuk kandang), yang nantinya apabila dikelola secara baik, akan menjadi pupuk organik dan akan bermanfaat optimal bagi tanaman.

Jerami padi dapat digunakan untuk pakan sapi potong dewasa sebanyak 2-3 ekor sepanjang tahun. Sehingga pada lokasi yang mampu panen 2 kali setahun akan tersedia pakan berserat untuk 4 – 6 ekor sapi. Hambatan pemanfaatan jerami padi secara luas sebagai sumber pakan ternak adalah rendahnya nilai nutrisi bila dibandingkan dengan hijauan pakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka cara yang relatif murah, praktis dan hasilnya sangat disukai ternak sapi adalah melalui proses fermentasi dengan menambahkan bahan mengandung mikroba proteolitik, lignolitik, selulitik, lipolitik dan bersifat fiksasi nitrogen non simbiotik (starbio, starbioplus, probion).

Hal ini akan meningkatkan nafsu makan ternak yang dipelihara. Untuk bahan pakan ternak, jerami padi, batang jagung dan king grass atau rumput raja seusai difermentasi bisa disimpan dalam waktu jangka lama (sesuai kebutuhan kita).

Laporan/Foto: Rahmat Adinata, Petani Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *