Desa Poopoh Jadi Role Model Ekowisata di Kawasan TN Bunaken

 

Pembukaan acara launching Desa Poopoh sebagai desa kowisata (dok. tn bunaken)

Bunaken, Villagerspost.com – Desa Poopoh, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, dikukuhkan sebagai role model desa ekowisata. Pengukuhan tersebut dilakukan dalam sebuah acara peluncuran Role Model Ekowisata Bersama Masyarakat, di Pantai Tandusang Tanjung Kelapa, Poopoh, Kamis (16/8).

Acara tersebut mengambil tema “Harmonisasi Alam dan Budaya” sebagai rangkaian Hari Konservasi Alam Nasional (road to HKAN) serta memperingati Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. Acara peluncuran dihadiri oleh berbagai perwakilan dari Pemerintah dan masyarakat, seperti Lantamal VIII, Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa, Sekretaris Kecamatan Tombariri, BPSPL Makassar-Satker Manado, Hukum Tua Poopoh selaku tuan Rumah acara serta Tokoh agama.

Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan tersebut dilakukan untuk memacu kesiapan kelompok Cahaya Trans dan Desa Poopoh dalam mengembangkan ekowisata. “Ke depan tentunya desa sangat perperan penting dalam berbagai aspek pengembangan. Kami berharap berbagai potensi yang ada akan dapat diangkat dan sumber penghidupan untuk masyarakat,” ujarnya.

Acara launchig Desa Poopoh sebagai desa ekowisata juga dimeriahkan lomba mewarnai oleh anak-anak SD (dok. tn bunaken)

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Kabupaten Minahasa Ir. Diane Najoan. Dia mengatakan, bagian pesisir wilayah penyangga di Taman Nasional Bunaken, khususnya Poopoh memang diproyeksikan sebagai Desa Ekowisata.

“Tentunya kami sangat bersyukur dengan terlaksananya acara ini merupakan awal dari agenda dan program ekowisata kedepan, harapan besar kepada masyarakat untuk dapat mengembangkan potensi dan meningkatkan kapasitas dalam menghadapi persaingan di era global,” paparnya.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan beberapa perlombaan seperti lomba goyang tobelo, lomba balap karung, lomba lari kelereng dan menggambar untuk anak SD. Acara juga semakin meriah saat seluruh hadirin undangan dan masyarakat beserta peserta lomba goyang tobelo, berjoget bersama sebagai penanda telah diluncurkannya kegiatan Role Model Ekowisata Bersama Masyarakat di Desa Poopoh.

Laporan/foto: Eko Wahyu Handoyo, S.Hut, PEH pada Balai Taman Nasional Bunaken, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *