Dicari: Mahasiswa Inovatif untuk Duta Sawit Berkelanjutan

Petani sawit memanen buah sawit (dok. wwf/james morgan)
Petani sawit memanen buah sawit (dok. wwf/james morgan)

Jakarta, Villagerspost.com – The Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), hari ini, Selasa (24/1) meluncurkan program “Youth Leader in Sustainability”. Program ini adalah program pencarian pemimpin masa depan yang akan menjadi duta kampanye sawit berkelanjutan yang akan berlangsung dari Januari-Mei 2017.

Program yang dihelat RSPO bekerjasama dengan WWF-Indonesia, The Body Shop® dan SINAR MEADOW itu, menyasar para mahasiswa Indonesia dari seluruh universitas di Indonesia. Duta terpilih akan melakukan serangkaian kegiatan mengedukasi konsumen Indonesia mengenai kelapa sawit ramah sosial dan ramah lingkungan serta gaya hidup ramah lingkungan.

Direktur RSPO Indonesia Tiur Rumondang mengatakan, produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan yang telah mendapat sertifikat RSPO secara global saat ini mencapai 12,15 juta ton atau 17% dari total produksi minyak kelapa sawit dunia. “Indonesia menyumbang 58% produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan dari total volume minyak kelapa sawit yang bersertifikat RSPO,” katanya dalam siaran pers yang diterima Villagerspost.com.

Meski begitu, kata Tiur, penyerapan minyak kelapa sawit berkelanjutan di dalam negeri masih tergolong minim karena permintaan konsumen di Indonesia masih rendah. “Oleh karena itu dengan lebih banyaknya kegiatan edukasi seperti ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran konsumen yang didukung dengan peningkatan permintaan atas produk yang berbasis minyak kelapa sawit berkelanjutan,” tambahnya.

Program “Youth Leader in Sustainability” ini sendiri akan dimulai dengan serangkaian kegiatan mulai dari roadshow ke berbagai universitas, seminar hingga tahapan penyeleksian. Tiur mengatakan, kompetisi ini diadakan sebagai lanjutan dari hasil studi persepsi konsumen yang diselenggarakan oleh RSPO pada tahun 2015 lalu.

Studi itu menunjukkan fakta pemahaman konsumen Indonesia masih rendah terkait minyak kelapa sawit berkelanjutan, dampak positifnya terhadap lingkungan dan masyarakat, serta besarnya kekuatan konsumen dalam mewujudkan praktek minyak kelapa sawit berkelanjutan sebagai norma di Indonesia. Tiur melanjutkan, kegiatan ini juga bagian dari kampanye “Beli Yang Baik” yang diinisiasi WWF-Indonesia sejak tahun 2015 yang hingga saat ini terus mendapat dukungan aktif dari RSPO.

“Minyak kelapa sawit merupakan komoditas yang sangat populer digunakan dalam banyak produk konsumen seperti minyak goreng, margarin, cokelat, es krim, sabun, kosmetik dan bahan bakar untuk mobil serta pembangkit listrik. Namun begitu belum banyak konsumen yang menyadari hal ini,” ujarnya.

Duta “Youth Leader in Sustainability” ini akan bersama-sama dengan RSPO, WWF-Indonesia, The Body Shop®, and SINAR MEADOW berperan untuk mengedukasi masyarakat tentang dampak positif bagi lingkungan, sosial dan ekonomi masyarakat atas praktek-praktek berkelanjutan dalam produksi minyak kelapa sawit.

Sementara itu, Direktur Konservasi WWF-Indonesia Arnold Sitompul mengatakan, kondisi keanekaragaman hayati global (termasuk Indonesia) sudah pada level yang sangat memprihatinkan. Salah satu faktor yang mendorong laju penurunan keanekaragaman hayati adalah dari pemanfaatan sumber daya alam yang tidak berkelanjutan (termasuk industri kelapa sawit).

“Untuk memastikan kelestarian keanekaragaman hayati maka perlu adanya terobosan baru dalam mendorong industri kelapa sawit yang berkelanjutan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Executive Chairwoman The Body Shop® Indonesia Suzy Hutomo menegaskan, keterlibatan perusahaan dalam program “Youth Leader in Sustainability” merupakan bentuk komitmen global bertajuk “Enrich Not Exploit, It’s In Our Hands”. Komitmen ini bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sejati dan menjadi bisnis global paling beretika di dunia.

“The Body Shop® percaya bahwa bukan hanya kami yang memiliki kekuatan untuk menciptakan perubahan positif di dunia sebagai tanggung jawab sebuah bisnis, tetapi juga kita semua, termasuk semua pelanggan kami dan generasi muda yang memiliki kekuatan untuk menciptakan perubahan yang positif dalam kehidupan orang lain,” ujarnya.

General Manager SINAR MEADOW Melvin Darmadinata mengatakan, keikutsertaan SINAR MEADOW dalam program ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk selalu memberikan pelanggan kami produk-produk yang diproduksi secara berkelanjutan. “Kami berharap melalui program ini tidak hanya meningkatkan kesadaran namun juga meningkatkan permintaan akan produk-produk yang ramah lingkungan dan diproduksi secara bertanggung jawab,” ujarnya.

Terkait acara ini, RSPO, WWF-Indonesia, The Body Shop® dan SINAR MEADOW akan melakukan roadshow dan seminar ke sebelas Universitas di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, dan Jambi. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari KampusUpdate.com sebagai salah satu media pendukung.

Para mahasiswa harus melalui tahapan seleksi mulai dari kompetisi melalui Sustainability Quest app yang dapat diunduh di Google dan Apple store, membuat dan mepresentasikan ide kampanye sosialisasi terkait sustainability. Sepuluh (10) mahasiswa yang terpilih akan diundang untuk penjurian.

Tiga pemenang akan dipilih sebagai duta “Youth Leader in Sustainability”. Para pemimpin muda ini akan diberikan kesempatan untuk magang selama enam (6) bulan di kantor RSPO dan para mitra pendukung program ini serta dapat mewujudkan ide kampanye sustainability selama magang. (*)

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *