Dorong Hak Paten Kelapa Kopyor Agar tak Dicuri Filipina

Kebun pembibitan kelapa kopyor, Pati, Jawa Tengah (dok. patikab.go.id)
Kebun pembibitan kelapa kopyor, Pati, Jawa Tengah (dok. patikab.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Berhembus kabar bahwa kelapa kopyor yang merupakan hasil perkebunan asli daerah Kabupaten Pati, Jawa Tengah akan dipatenkan oleh Filipina. Karena itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Imam Suroso mendorong pemberikan hak paten untuk kelapa kopyor.

“Jika ada usaha untuk mengklaim hasil perkebunan asli kita, maka langkah dan usaha kita adalah dengan segera mempatenkannya. Sebab kalau aset ini dibiarkan maka akan diambil dan diklaim menjadi hak paten negara lain, padahal ini adalah peninggalan leluhur kita yang luar biasa untuk bisa kita kembangkan,” kata Imam seperti dikutip dpr.go.id, Senin (22/8).

(Baca juga: Punya Potensi Besar, Kelapa Bisa Jadi Komoditas Ekspor)

Politikus PDIP yang beru-baru ini berkunjung ke sentra perkebunan kelapa kopyor didaerah Tayu, Kabupaten Pati, Jawa Tengah itu mengatakan, akan membawa hasil kunjungannya tersebut ke rapat terbatas di DPR RI. Imam berharap akan  ada anggaran  tersendiri untuk pengembangan kelapa kopyor.

“Saya juga akan membantu mencarikan investor, saya juga siap berinvestasi demi pengembangan kelapa kopyor tersebut,” ujarnya.

Kelapa kopyor di Indonesia memang telah dihasilkan di beberapa daerah. Tetapi untuk jenis kelapa kopyor yang paling terkenal kualitasnya dan telah melalui tahap penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian adalah jenis Kelapa Kopyor Genjah dari kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Jenis kelapa kopyor genjah Pati memiliki ciri fisik yang lebih kecil dari tipe kelapa dalam. Tetapi untuk rasa kelapa kopyornya jauh lebih enak daripada kelapa kopyor yang dihasilkan dari tipe kelapa dalam.

Kelapa kopyor genjah Pati dikembangkan oleh warga sekitar dengan cara sistem generatif (indukan) yang memiliki kualitas unggulan. Dan hasil pengembangan tersebut dalam bentuk bibit dan yang sudah ditanam menunjukkan keberhasilannya dengan menghasilkan kualitas bibit keturunan yang baik.

Tayu adalah sebuah daerah kecamatan di kabupaten Pati yang menjadi sentra pengembangan kelapa kopyor genjah Pati. Dari tahun ke tahun, permintaan buah dan bibit kelapa kopyor dari luar daerah semakin meningkat. Harga jual dari buah dan bibit kelapa kopyor juga sangat tinggi. (*)

Ikuti informasi terkait komoditas kelapa >> di sini <<

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *