DPP Lipan Mendesak Anggota DPR Riezky Aprilia Minta Maaf ke SYL

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (dok. kementan)

Makassar, Villagerspost.com – Ketua DPP Pusat Lantera Independen Pemerhati Aspirasi Nusantara (LIPAN INDONESIA) Ir. Muchtar Baso meminta kepada anggota DPR RI Komisi IV, Riezky Aprilia alias Kiki agar segera meminta maaf terkait ucapannya yang menyebut Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, atau biasa disapa SYL jangan salah makan obat.

Muchtar mengatakan, ucapan dari anggota Fraksi PDI Perjuangan itu, tak pantas diucapkan dan telah menyinggung martabat warga Makassar, khususnya orang Bugis. “Sebagai wakil rakyat ucapan Riezky Aprilia tidak pantas mengatakan Pak SYL salah makan obat pada rapat Komisi IV DPR. Kalimat itu seharusnya tidak patut diucapkan dalam rapat terhormat di gedung yang terhormat, seyogianya, Riezky Aprilia jangan asal bicara. Ingat anda itu Anggota DPR RI,” ujar Muchtar Baso dalam keterangannya, di Makassar, Rabu (30/8).

Menurut Muchtar Baso, dirinya selain sebagai pegiat LSM, juga sebagai Anggota FKPPI, merasa pernyataan itu sangat melecehkan bahkan meremehkan sosok SYL. “Bagi kami, beliau adalah orang yang kami banggakan dari Makassar,” tegas Muhtar.

“Riezky Aprilia harus tahu, bahwa setiap orang itu punya adab dan harga diri. Jangan senggol harga diri orang apalagi bermaksud mempermalukan orang di depan umum,” tambahnya.

Kasus ucapan “salah makan obat” muncul saat pembahasan pupuk subsidi untuk petani tambak sebagai mana yang dilansir oleh IDN Times. Seperti dikutip dari media tersebut, dalam rapat tersebut, Riezky Aprilia menilai keputusan terkait pupuk bersubsidi bagi petani tambak harus lewat undang-undang dan bukan lewat keputusan pemerintah apalagi keputusan menteri.

Dari situlah, dia memunculkan istilah ‘salah makan obat’. “Dan fungsi legislasi itu bentuknya undang-undang, sekali lagi saya sampaikan bentuknya undang-undang, tidak keputusan menteri, tidak peraturan pemerintah. Jadi jangan kita salah makan obat di sini, jadi keputusan menteri, peraturan presiden itu silahkan,” ujarnya.

Rupanya ucapan itu membuat SYL sedikit tersinggung, sehingga suasana rapat kerja pun agak memanas. “Saya ndak salah makan obat, saya ndak salah makan obat, saya nggak mau dengar kata-kata yang seperti ini,” kata Mentan menanggapi ucapan Riezky.

Rupanya, bukan hanya SYL yang tersinggung dengan ucapan itu. Di luar forum DPR, masyarakat Makassar, khususnya orang Bugis pun ikutan meradang. Muchtar Baso menyampaikan, sebagai orang Bugis Makassar dia merasa sangat tersinggung dengan apa yang dikatakan oleh Riezky Aprilia kepada SYL.

“Jika saudari Riezky Aprilia tidak minta maaf ke Pak SYL, kami dari LSM akan melakukan somasi dan meminta ketua Umum PDIP mencopot saudari Riesky Aprilia sebagai anggota karena telah membuat hati kami orang Bugis Makassar tersinggung,” tegasnya.

“Jadi mohon saudari Riesky Aprilia alias Kiki segera minta maaf, dia tidak boleh seperti itu memperlihatkan arogansi sebagai Anggota Dewan, terbukti Ibu Riesky ditegur oleh Wakil Pimpinan Sidang diminta agar bisa menghargai orang kalau mau juga dihargai orang sesuai apa yang ada dalam video yang lagi viral,” tambahnya.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.