DPR Desak Pemerintah Bentuk Lembaga Pangan | Villagerspost.com

DPR Desak Pemerintah Bentuk Lembaga Pangan

Petani memanen padi di sawah (temanggung-kab.go.id)

Petani memanen padi di sawah (temanggung-kab.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Komisi IV DPR RI mendesak Pemerintah segera membentuk Lembaga Pangan, dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan nasional. Lembaga Pangan merupakan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

“DPR RI mempercayakan kepada pemerintah, Komisi IV akan selalu memberikan dorongan untuk percepatan pelaksanaan pembentukan lembaga pangan,” kata Ketua Komisi IV Edhy Prabowo, seperti dikutip situs dpr.go.id, Kamis (12/2).

Menurut Edhy, niat dari dibentuknya lembaga pangan adalah dalam rangka penguatan ketahanan nasional, agar setiap tahun tidak ada kekurangan 9 bahan pangan pokok. “Ini (lembaga pangan-red) suatu yang mulia untuk harus segera diwujudkan,” ujarnya, politisi Partai Gerindra itu.

Terkait badan ketahanan pangan, Direktur Utama Perum Bulog Lenny Sugihat mengatakan, hal ini masih dalam proses penerbitan ketentuannya, dan perum Bulog siap untuk melaksanakan tugas kelembagaan pangan.

“Pada dasarnya kami (Perum Bulog-red) siap, bahwa inilah yang harus diperjuangkan agar kedautan pangan betul-betul hadir dan keberpihakan pada para petani,” ujar Lenny.

Selain itu, Lenny menjelaskan Bulog sudah menyiapkan blueprint seandainya bulog diberikan penugasan tidak hanya untuk beras, tapi juga menangani komoditi lain seperti kedelai, jagung, gula pasir, bawang merah dan cabe merah. (*)

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *