DPR Dorong Pemerintah Tuntaskan Pembangunan Pelabuhan Pendaratan Ikan Nunukan | Villagerspost.com

DPR Dorong Pemerintah Tuntaskan Pembangunan Pelabuhan Pendaratan Ikan Nunukan

Fasilitas pelabuhan angkutan barang di Nunukan (dok. nunukankab.go.id)

Fasilitas pelabuhan angkutan barang di Nunukan (dok. nunukankab.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Komisi IV DPR mendorong pemerintah untuk menuntaskan pembangunan Pelabuhan Pendaratan Ikan di Nunukan, Kalimantan Utara. Anggota Komisi IV DPR Andi Akmal Pasluddin menegaskan, kehadiran PPI di Nunukan penting sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, penuntasan pembangunan pelabuhan yang mangkrak ini juga menjadi bukti komitmen pemerintah untuk membangun daerah perbatasa. “Harus ada political will yang kuat dari Pemerintah terhadap daerah perbatasan. Di Nunukan ada salah satu lokasi pembangunan pelabuhan pendaratan ikan, namun proyek ini terhenti (mangkrak). Dalam Raker dengan Kementerian KKP akan saya pertanyakan, sebab dengan pelabuhan ikan maka akan memudahkan nelayan untuk menjual hasil tangkapannya,” kata Andi, ketika bersama Komisi IV mengunjungi Nunukan baru-baru ini.

Dia juga berharap, pelabuhan pendaratan nanti bisa dilengkapi dengan mesin pendingin sehingga hasil tangkapan ikan bisa bertahan lama termasuk bisa diekspor ke Malaysia. “Dengan demikian tidak sekadar pelabuhan, tetapi juga sebagai pusat mendinginkan ikan,” katanya.

Mangkraknya proyek itu sendiri, kata Andi, terjadi karena adanya keterbatasan ketersediaan listrik. Untuk mengatasi masalah ini, Bupati Nunukan sudah mengusulkan agar di wilayah itu disediakan kapal listrik atau kapal listrik terapung sehingga mesin pendinginnya berfungsi dengan baik.

Masalah berikutnya, kata Andi, adalah pemotonngan anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan yang cukup besar. “Karena ini merupakan program priorotas maka Komisi IV akan mendorong agar proyek ini segera diselesaikan. Karena APBN Perubahan 2016 sudah disahkan, kami mengusulkan bisa masuk pada anggaran 2017 dan setelah reses pada pertengahan Agustus Komisi IV siap membahasnya,” ujar Andi.

Potensi Kaltara khususnya Nunukan selain perikanan, sektor pertanian dan perkebunan juga bisa dikembangkan. Dengan demikian, ke depan Nunukan bisa menjadi daerah yang bisa menyuplai kebutuhan pokok ke negeri jiran Malaysia.

“Bukan seperti sekarang Nunukan banyak dipasok kebutuhan sehari-hari dari Malaysia. Kita ingin warga Malaysia juga mau menerima barang-barang dari Nunukan seperti ikan dan hasil pertanian lainnya. Kita harus ubah kondisi yang selama ini impor, bisa ekspor barang-barang kita melalui Nunukan,” tegas politisi PKS ini. (*)

Ikuti informasi terkait perikanan di Nunukan >> di sini <<

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *