DPR Harapkan Waduk Bendo Tingkatkan Kualitas Tanaman Pangan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan waduk Bendo, Ponorogo (dok. pu.go.id)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan waduk Bendo, Ponorogo (dok. pu.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat berharap, waduk Bendo yang kini tengah dikebut pembangunannya oleh pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, akan mampu meningkatkan kualitas tanaman pangan. Waduk yang terletak di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ini, diharapkan mampu untuk mengairi lahan sawah seluas 73 ribu hektare.

Ketua Komisi V DPR Farry Djemi Francis mengatakan, pihaknya menyambut baik pembangunan waduk ini. “Waduk ini dibagun untuk¬† pengembangan sumber daya air, baik irigasi, air baku domestik, dan industri pengendalian banjir,” katanya saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Komisi meninjau pembangunan waduk tersebut, Jumat (22/7).

Menurut Farry, pekerjaan selanjutnya tinggal memperbaiki infrastruktur saja menuju waduk tersebut. “Ini memang butuh dukungan dari pemerintah pusat dan DPR,” tegasbta.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni menjelaskan, waduk ini memiliki kedalaman 21 meter dengan konstruksi tahan hingga 100 tahun. “Diharapkan akhir 2017 waduk ini rampung dibangun,” ujarnya.

Ditambahkan Bupati, saat ini baru 30 persen masyarakat Ponorogo yang menikmati air baku. “Bila waduk sudah dioperasikan, semua masyarakat bisa menikmati air baku yang baik,” katanya berharap.

Menurut Ipong, air waduk ini tidak saja mengairi 60 persen sawah di Ponorogo, tapi juga 40 persen sawah di Madiun. “Waduk ini kelak juga bisa dijadikan objek wisata bagi masyarakat sekitar,” pungkasnya. (*)

Ikuti informasi terkait pembangunan waduk >> di sini <<

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *