DPR: Tingkatkan Kualitas dan Kapasitas Aparat Desa | Villagerspost.com

DPR: Tingkatkan Kualitas dan Kapasitas Aparat Desa

Pelatihan aparatur desa (bojonegorokab.go.id)

Pelatihan aparatur desa (bojonegorokab.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Kapasitas dan kualitas aparat pemerintahan desa perlu ditingkatkan mengingat saat ini pemerintahan desa telah menjadi bagian dari pemerintahan daerah. Ketua Komisi II DPR RI Rambe Kamarul Zaman mengatakan, peningkatan kapasitas dan kualitas kemampuan aparatur desa sangat penting dalam upaya meningkatkan pelayanan publik dan pembangunan di tingkat desa sehingga terlaksana dengan baik.

“Kapasitas dan kualitas pemerintahan desa harus dibangun sejak awal, agar tidak sia-sia kebijakan yang dilakukannya, oleh karena itu perlu kehadiran negara dalam setiap persoalan masyarakat,” kata Rambe, seperti dikutip dpr.go.id, Rabu (11/11).

Salah satu yang kemampuan aparatur desa yang perlu ditingkatkan adalah upaya melakukan perencanaan pembangunan di desa, perencanaan yang akan dibahas dalam musrenbang di masing-masing daerah, termasuk dalam mengeluarkan produk hukum desa dalam bentuk peraturan desa. Selain itu upaya meningkatkan partisipasi warga masyarakat dalam pembangunan nasional.

Pembangunan desa yang diharapkan adalah pelayanan publik, kesehatan, pendidikan, dan kualias kehidupan yang semakin baik. “Pembangunan nasional ini bukan hanya membuat jalan, tapi juga membangun karakter sumber daya manusia seutuhnya, sekaligus juga upaya dalam meningkatkan pelayanan publik di tingkat desa terlaksana dengan baik,dan meningkatnya kualitas pembangunan desa,” tegas Rambe.

Rambe juga mengungkapkan masih ditemukan kesulitan yang dihadapi oleh aparatur desa dalam perencanaan, dengan aturan-aturan yang sangat rigid dan detail. (*)

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *