Entrepezo: Mengharumkan Nama Indonesia di Kancah Global

Tim Entrepezo saat menerima penghargaan Junior Achievement Global Youth Forum Entrepreneurial Competition 2018 (dok. ify bustami)

Jakarta, Villagerspost.com – Hari Senin (16/7) ini, sejatinya adalah hari pertama masuk sekolah bagi para siswa termasuk siswa-siswi sekolah menengah atas (SMA). Namun, seorang siswi SMA kelas 3 dari SMA Plus Pembangunan Jaya, Balqis S Khalila bersama timnya yaitu Alyssa Rajasa dan Andalusia Zahra, terpaksa melewatkannya. Maklum, ketiganya masih dalam perjalanan pulang dari Meksiko menuju Jakarta.

Mereka bukan pulang dari menikmati liburan panjang, ketiga pelajar pengelola usaha Entrepezo Nature Indonesia ini jauh-jauh kembali dari Meksiko setelah mengharumkan nama Indonesia di kancah Global. Ya, mereka membawa oleh-oleh sebuah penghargaan sebagai juara pertama dari Junior Achievement Global Youth Forum Entrepreneurial Competition 2018.

Acara ini diselenggarakan di Mexico City, tanggal 13 Juli 2018 pukul 10:40 waktu Meksiko atau pukul 22:40 WIB. (lihat video penganugerahan di sini)

Entrepezo Nature Indonesia (www.entrepezo.com) merupakan student company yang berasal dari ekstrakurikuler sekolah. Student company ini bekerjasama dengan Prestasi Junior Indonesia, sebuah organisasi nirlaba yang menggagas Student Company Competition.

Entrepezo yang digawangi Balqis dkk dengan produknya “Semerbak Nusantara”, mewakili Indonesia dan Asia-Pasifik dalam kompetisi yang diikuti oleh 37 negara. Berkompetisi dengan 500 siswa dari negara-negara Eropa, Amerika, dan Asia Pasifik, Balqis dan timnya benar-benar berhasil membuat harum Indonesia.

Adalah orang yang menjadi mentor dari tim Entrepezo yang juga merupakan ibunda Balqis, Ify Bustami, yang mengawal tim tersebut menuju puncak. Ify Bustami merupakan business coach dan memperkenalkan anak-anak sekolah untuk menjadi entrepreneur sejak dini.

Ify juga bergerak dengan payung Indopreanger yang saat ini hadir sebagai wadah yang mendukung anak-anak usia remaja khususnya pelajar yang ingin belajar berwirausaha.

“Meskipun masih di bangku sekolah, tim Entrepezo dikelola secara profesional sebagaimana layaknya sebuah perusahaan,” kata Ify.

Tim Entrepezo memiliki pembagian tugas yang jelas. Bentuk bisnis yang dipilih adalah business to business, yang membuat mereka menawarkan produknya langsung ke perusahaan. Akibatnya, produk Semerbak Nusantara laris di pasaran dan sold out.

Semerbak Nusantara merupakan produk pewangi alami dengan menggunakan bahan produk limbah kayu dan wewangian dari tanaman khas Indonesia. Produk tersebut menjadi menarik karena dikemas secara eksklusif dalam kemasan cantik terbuat dari karung goni.

Tim yang terdiri dari anak-anak muda berbakat ini mewakili Asia Pasifik setelah sebelumnya meraih juara pertama dalam  Junior Achievement Asia Pacific Company of The Year Competition 2018 di Beijing. “Sekolah sangat mendukung mereka baik moril maupun materi untuk belajar menjadi entrepreneur,” tambah Ify.

Laporan: Hesti Al Bastari

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *