Film Empu Terpilih Menjadi Pemenang Festival Film HAAPIFEST

Pengumuman para pemenang Festival HAAPIFEST (youtube)

Jakarta, Villagerspost.com – Film Empu terpilih menjadi pemenang festival film Houston Asian American Pacific Islander Film Festival (HAAPIFEST). Film tersebut berhasil meraih juara dalam kategori Grand Jury Award for Narrative Features. Pengumuman pemenang diumumkan melalui sebuah video di akun YouTube OCA Greater Houston.

Film Empu menceritakan tentang tiga sosok perempuan desa yang bernama Sutringah (diperankan oleh Annisa Hertami), Yati (diperankan oleh Tiara Arianggi), dan Maria (diperankan oleh Putry Moruk). Ketiganya hidup di tempat berbeda, berjauhan dan saling tidak mengenal satu sama lain. Namun, ketiganya terikat dalam satu kesamaan nasib, sama-sama menghadapi problematika hidup berat, baik dalam posisi mereka sebagai seorang ibu, istri, janda, maupun perempuan penyandang disabilitas

Kisah-kisah nyata perjuangan para perempuan kuat ini kemudian menginspirasi dan menjadi tema film berdurasi 60 menit berjudul “Empu: Sugar on The Weaver’s Chair”. Film yang disutradarai sineas muda Harvan Agustriansyah ini merupakan hasil kerja sama tiga lembaga, yakni Global Environmental Facility Small Grant Programme (GEF SGP), Terasmitra dan Impro Visual Storyteller.

GEF SGP (Global Environmental Facility Small Grant Programme) merupakan program kerja sama UNDP dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang dijalankan oleh Yayasan Bina Usaha Lingkungan (YBUL). Sejak 1992 GEF SGP telah bekerja sama dengan lebih dari 500 LSM dan kelompok masyarakat untuk melakukan upaya-upaya penyelamatan keanekaragaman hayati, mengurangi dampak perubahan iklim, mengatasi degradasi lahan dan melindungi perairan internasional. Dalam menjalankan kegiatannya, GEF SGP sangat penduli terhadap pembagian peran laki-laki dan perempuan dalam mengelola sumberdaya alam.

Terasmitra adalah perkumpulan wirausaha sosial yang beranggotakan lebih dari 60 lembaga dan kelompok masyarakat, dan bekerja sama dengan lebih dari 100 komunitas di berbagai penjuru Indonesia, termasuk Sumatera Utara, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Bali, NTB, NTT, dan Gorontalo. Kegiatan Terasmitra terkait dalam pengembangan wirausaha sosial, yaitu pengembangan produk, akses ke modal dan pasar, pengembangan merk, pengelolaan organisasi, monitoring dan evaluasi, pengelolaan pengetahuan dan sebagainya.

Sedangkan Impro-Visual Storyteller adalah perusahaan content production di Indonesia. Selama 17 tahun berkiprah, Impro telah membuat berbagai film dokumenter, motion graphics, film animasi, video kisah praktik cerdas, video graphic recording, video dan media infografik, poster, brosur, banner, laporan, booklet, iklan dan pesan layanan masyarakat, iklan radio, video pendek online, digital campaign, dan lain-lain.

Produser Eksekutif Catharina Dwihastarini menyebutkan, beragam cerita menarik memang kerap ditemukan GEF SGP Indonesia dan Terasmitra, yang bekerja sama mendampingi wirausaha sosial berbasis komunitas. Akan tetapi, selama ini cerita-cerita tersebut kebanyakan dikumpulkan dan dituturkan kembali lewat media konvensional, buku dan laporan kegiatan.

“Lewat film, kegelisahan dan perjuangan sosok ketiga perempuan itu ditampilkan, terutama saat mereka mencoba menghadapi beragam situasi dengan cara mereka yang sederhana,” ujar Catharina, dalam siaran pers yang diterima Villagerspost.com, Kamis (2/7).

Festifal Film ini diadakan oleh Houston Asian American Pacific Islander Film Festival (HAAPIFEST). Dimulai pada tahun 2004 oleh OCA-Greater Houston, HAAPIFEST diciptakan untuk menyoroti dan merayakan keragaman budaya, makanan, dan keluarga Asian American Pacific Islander (AAPI), untuk mendukung seniman dan pembuat film AAPI, dan untuk berbagi Pengalaman AAPI yang tak terhitung untuk wilayah metropolitan Greater Houston melalui edutainment.

Sekarang, HAAPIFEST adalah sebuah perayaan film, musik, dan seni yang imersif, dipamerkan oleh panitia sukarelawan yang berdedikasi. Misi HAAPIFEST adalah untuk mempromosikan dan mengembangkan inovator Asia dan Asia Amerika di industri film dan hiburan, mempromosikan Houston sebagai tujuan budaya untuk seni, dan mendidik AAPI dan komunitas yang lebih luas melalui penuturan cerita visual orang Asia dan Asia Amerika.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *