Gelar RAT, BUMDes Kalpataru Bertekad Kembangkan Potensi Desa | Villagerspost.com

Gelar RAT, BUMDes Kalpataru Bertekad Kembangkan Potensi Desa

Salah satu agenda Rapat Anggota Tahunan BUMDes Kalpataru, Desa Kanreapia (dok. bumdes kalpataru)

Gowa, Villagerspost.com – Para pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kalpataru, Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) , yang bertempat di Kantor Desa Kanreapia, Jumat (11/1). Rapat tersebut mengagendakan evaluasi program, sekaligus langkah yang akan diambil ke depan dalam upaya semakin memajukan BUMDes Kalpataru.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Kanreapia H. Rusli Yusuf, Ketua BPD Desa Kanreapia Nandang Wahyat, para kepala dusu, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para tokoh pemuda. Dalam sambutannya, H. Rusli Yusuf mengatakan, BUMDes Kalpataru, ke depan harus memperhatikan keterlibatan semua pihak. “Seluruh elemen masyarakat harus terjalin, karena BUMDes Kalpataru bukan milik sendiri, tetapi milik Desa Kanreapia,” ujarnya.

Karena itu, kata Rusli, semua pihak punya tugas dan tanggung jawab yang sama dalam memajukan BUMDes. “Terutama dalam promosi usaha-usaha yang dijalankan BUMDes Kalpataru,” tegasnya.

Terkait upaya promosi dan kerjasama, kata Rusli, ia selaku kepala desa juga sudah berkomunikasi dengan pihak bank, dalam hal ini adalah BRI. “Tujuannya agar ke depan salah satu usaha BUMDes Kalpataru yaitu sebagai BRI Link bisa dikembangkan di tahun 2019 ini,” ujarnya.

Dalam forum yang sama Nandang Wahyat, yang juga bertindak selaku Badan Pengawas BUMDes Kalpataru mengatakan, apa yang telah dilalui bersama, di usaha-usaha Bumdes Kalpataru menjadi bahan evaluasi. “Dan ke depan kita harus bisa melahirkan pengusaha-pengusaha yang bisa bersama-sama memajukan Bumdes Kalpataru,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu peserta Rapat Anggaran Tahunan BUMDes Kalpataru Sumaryanto memberikan usulan dan saran agar potensi-potensi desa Kanreapia benar-benar bisa di maksimal untuk dijadikan bahan program memajukan Desa Kanreapia. “Banyak potensi pertanian maupun wisata di desa yang bisa dijadikan program atau unit usaha yang bisa menguntungkan,” ujarnya.

Menanggapi berbagai usulan dan saran ini, Ketua BUMDes Kalpataru Jamaluddin mengakui masih banyak kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki kedepannya. “Saya mengakui memang masih banyak yang harus diperbaiki, salah satunya, saat ini BUMDes Kalpataru belum mampu melahirkan pendapatan asli (PAD) desa,” ujarnya.

Dia mengatakan, hal itu terjadi karena BUMDes Kalpataru saat ini masih dalam tahap pembenahan dan penguatan-penguatan. Meski begitu, kata dia, hingga akhir tahun 2018 lalu, sudah banyak capaian yang bisa diraih BUMDes Kalpataru.

“BUMDes Kalpataru di antaranya bisa mempersembahkan piagam penghargaan seperti pengharagaan terkait Program Desa Wisata, Kampung Organik dan Kampung Literasi,” pungkas Jamaluddin.

Laporan/Foto: Jamaluddin Daeng Abu, Petani Muda, Pegiat Pertanian Organik, Pegiat Literasi Desa Kanreapia, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *