Gerakan Nusantara Terdidik Gelar Kegiatan Sukabumi Mengajar

Para relawan Gerakan Nusantara Mengajar, berpose bersama para siswa SD Cirengrang, Sukabumi, usai penutupan acara Sukabumi Mengajar (villagerspost.com/ikin Sodikin)

Sukabumi, Villagerspost.com – Komunitas Gerakan Nusantara Terdidik (GNT) melaksanakan kegiatan Gerakan Sukabumi Mengajar Batch III. Kegiatan ini berlangsung sejak 18 Januar hingga 28 Januari 2019, bertempat di SD Negeri Cirengrang, Desa Rambay dan MI Manukur Desa Calingcing, Kecamatan Tegal Buleud Sukabumi, Jawa Barat.

Rahmi Panani Hakim, Ketua Penggerak Tim GNT mengatakan, Gerakan Sukabumi Mengajar adalah program pengabdian untuk anak-anak muda yang ditempatkan di daerah pelosok Sukabumi. “Untuk kali ini melibatkan 20 orang relawan dari berbagai kampus di Indonesia,” ujarnya kepada Villagerspost.com, Senin (28/1).

Kegiatan yang dilakukan melalui kegiatan Sukabumi Mengajar ini adalah kegiatan mengajar dan assessment (penilaian) untuk pemberdayaan masyarakat. “Harus banyak anak muda yang peduli pada kondisi pendidikan di daerah pelosok,” kata Rahmi.

“Pendidikan adalah hak seluruh anak bangsa dan tugas bersama untuk mendorong pemerataan pendidikan di Indonesia,” tambah mahasiswi magister Universitas Pendidikan Indonesia ini.

Kondisi ruang kelas yang sederhana tak membuat para relawan dan siswa kehilangan semangat untuk mengajar dan belajar (villagerspost.com/ikin sodikin)

Dalam kesempatan yang sama, Abdu Ravi mahasiswa ITB yang menjadi salah satu relawan menyampaikan, kegiatan ini bermanfaat untuk anak muda guna melatih rasa kepedulian terhadap masyarakat. “Selain itu kehadiran relawan diharapkan bisa menjadi motivasi bagi anak-anak di pelosok,” ujarnya.

Untuk diketahui, Gerakan Nusntara Terdidik didirikan pada tanggal 22 Februari 2017 lalu. GNT sejauh ini telah melaksanakan beberapa program yaitu: Gerakan Sukabumi Mengajar, SPASI (Sejuta Pemuda Inspirasi Negeri), Taman Baca ManukurĀ , dan Meraih Ramadhan Bahagia (Pesantren Kilat Ramadhan).

Untuk kegiatan Sukabumi Mengajar ini sendiri, telah ditutup hari ini dengan pembagian hadiah dan paket alat tulis untuk anak-anak SDN Cirengrang dan MI Manukur.

Laporan/Foto: Ikin Sodikin, Tim Penggerak Gerakan Nusantara Terdidik

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *