Hadapi Pandemi Covid-19, Depok Bentuk Kampung Siaga

Depok, Villagerspost.com – Menghadapi pandemi Covid-19, Kota Depok telah membentuk dan memberdayakan kampung-kampung siaga. Pembentukan kampung siaga ini dilakukan dalam upaya menghambat penyebaran virus Corona SARS-CoV-2 yang menjadi penyebab Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Walokota Depok Mohammad Idris mengatakan, Kampung Siaga ini akan diketuai oleh para lurah. “Tugasnya salah satunya adalah mengedukasi ODP (orang dalam pengawasan), PDP (pasien dalam pengawasan) dan seterusnya, termasuk mengedukasi proses pemakaman korban Covid-19,” kata Idris, saat melakukan sosialisasi Surat Edaran Walikota Depok No. 443/132-HUK/Dinkes terkait Kesiagaan Menghadapi Pandemi Corona, di Sawangan, Depok, Sabtu (4/4).

Dengan adanya kampung siaga, diharapkan ke depan data-data yang selama ini sulit dikonfirmasi terkait jumlah orang meninggal akibat Covid-19, PDP dan ODP, bisa diketahui. “Untuk data jumlah ODP, PDP dan korban meninggal, data akan dirahasiakan dan hanya dibuka atau diberikan kepada aparat pemerintah untuk melakukan pengendalian keadaan. Update data ada di Camat,” jelas Idris.

Idris juga menegaskan agar para ODP melakukan isolasi mandiri di rumah. Untuk penanganan pasien, Pemkot Depok bekerjasama dengan RSUI sebagai RS rujukan dan Brimob untuk pengadaan ruang intensive care unit (ICU) dan ruang isolasi.

Laporan/video: Fitra Faturachman, jurnalis warga dari Kesehatan Mental Indonesia

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *