Info Amatan Cuaca Musim Tanam 1, Desa Nunuk Indramayu

Grafik pengamatan cuaca dalam satu tahun di Desa Nunuk (dok. villagespost.com/tarsono)

Oleh: Tarsono, Petani Muda Peneliti Curah Hujan, Desa Nunuk, Indramayu, Jawa Barat

Hasil pengamatan cuaca yang dilakukan petani muda Desa Nunuk, Indramayu. Skenario musiman dari Prof. Sue Walker per tanggal 29/09/17: Saat ini kondisi iklim dalam fase NETRAL dengan kecenderungan berlangsungnya curah hujan Normal. Prakiraan menunjukkan sedikit cenderung ke arah berkembangnya La Nina lemah. Dalam fase Netral, kemampuan memprakirakan curah hujan itu amat rendah atau berarti keragaman curah hujan itu tertinggi. (Dikirim oleh Prof. Yunita-UI).

Grafik rentang curah hujan menunjukkan curah hujan normal (dok. villagerspost.com/tarsono)

Skenario musiman atau dikenal dengan prediksi curah hujan jika dikaitkan dengan data probabilitas TSNK 20 (Timur Selatan NUNUK 20) dalam kondisi fase NETRAL nya adalah:

– Bulan Oktober 3 mm sampai 35 mm
– Bulan Nopember 60 mm 145 mm

Grafik curah hujan harian Desa Nunuk Indramayu (dok. villagerspost.com/tarsono)

Saya memprakirakan awal musim hujan jatuh pada dasaharian ketiga bulan Oktober. Jadi untuk petani padi agar mempersiapkan bersih awal baik lahan sawahnya dan lain sebagainya. Awal semai juga dilihat dari lampu perangkap hama yaitu jika ada penerbangan hama kupu maka dihitung 15 hari setelah penerbangan hama tersebut persemaian bisa dimulai.

Sebagai contoh, jika ada sejumlah hama kupu yang terkumpul di lampu perangkap hama pada 5 Oktober, maka persemaian bisa dimulai antara 14-15 setelahnya, yaitu tanggal 20 Oktober. Oleh orang Desa Nunuk sistem tanam ini biasa disebut sistem Genggong, atau dalam bahasa Jawa artinya menghindar. (*)

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *