Jokowi: Dana Desa Harus Gerakkan Ekonomi Desa | Villagerspost.com

Jokowi: Dana Desa Harus Gerakkan Ekonomi Desa

Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke Sumatera Barat. Jokowi meminta dana desa bisa menggerakkan ekonomi desa (dok. setkab.go.id)

Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke Sumatera Barat. Jokowi meminta dana desa bisa menggerakkan ekonomi desa (dok. setkab.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Presiden Joko Widodo menegaskan, dana desa harus bisa menggerakkan ekonomi desa. Hal itu ditegaskan Jokowi saat berkunjung ke Padang, Sumatera Barat bersama Ibu Negara Iriana, Kamis (8/10).

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengunjungi desa di Nagari Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, untuk melihat realisasi penggunaan dana desa. Jokowi menyatakan kekagumannya melihat pembangunan di desa itu yang dilakukan dengan memanfaatkan dana desa.

“Ini yang kita injak, jalan di desa ini juga berasal dari dana desa Rp45 juta, dikerjakan selama 21 hari, setiap hari 50 orang yang terlibat disini, dan ini sudah selesai,” kata Presiden Jokowi seperti dikutip setkab.go.id.

Dalam kesempatan itu Jokowi mengingatkan kembali, pemerintah sudah mengucurkan dana desa tahap pertama sebesar Rp20,7 triliun dari pemerintah pusat ke kabupaten. Hanya saja, sebagian dana desa yang telah dikucurkan itu belum masuk ke desa-desa sasaran.

“Itu yang terus kita dorong agar penggunaan dana desa itu betul-betul bisa menggerakkan ekonomi di bawah, di desa, dan juga bisa meningkatkan daya beli di rumah tangga di masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga meninjau dua proyek pembangunan di desa tersebut, yakni pembangunan sarana dan prasarana pendidikan seni dan budaya serta pembangunan jalan desa. Presiden mengapresiasi kedua proyek tersebut.

Pembangunan jalan, kata Presiden, cukup bagus karena menggunakan pasir dan batu yang dibeli dari kawasan itu sendiri dan dipakai untuk perkerasan jalan di daerah itu sendiri. “Artinya uang itu berputar terus di daerah, tidak masuk lagi ke kota,” pungkas Presiden. (*)

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *