Jurnalis Warga Villagerspost.com Raih Penghargaan Bidang Pemberdayaan Masyarakat Tingkat Nasional | Villagerspost.com

Jurnalis Warga Villagerspost.com Raih Penghargaan Bidang Pemberdayaan Masyarakat Tingkat Nasional

Rumah Koran, tempat anak-anak petani Desa Kanreapia, Gowa, Sulawesi Selatan, menmba ilmu dan membangun semangat belajar (dok. jamaluddin daeng abu)

Jakarta, Villagerspost.com – Jamaluddin Daeng Abu, salah satu jurnalis warga Villagerspost.com, berhasil meraih penghargaan di ajang Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards 2017. Jamaluddin, menjadi salah satu dari tujuh pemuda yang dinilai telah menginspirasi Indonesia dengan menginisiasi program pemberdayaan masyarakat yang bekerja dalam ‘sunyi’ (tanpa pamrih).

Penghargaan SATU Indonesia Awards 2017 itu sendiri diserahkan kepada tujuh pemenang dalam sebuah acara penganugerahan yang digelar Rabu (18/10) malam. Sebagai salah satu pemenang, Jamaluddin akan menerima dana pengembangan kegiatan sebesar Rp60 juta agar kegiatan mereka dapat berkelanjutan.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat dari penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 sejalan dengan empat bidang kontribusi sosial yang telah dilaksanakan Astra, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, serta tambahan untuk kategori Teknologi dan Kelompok.

“Mereka memiliki kontribusi positif terhadap lingkungan sekitar tanpa memikirkan keuntungan pribadi yang akan diterimanya. Itu adalah wujud kunci utama dimana memberi kebahagiaan bagi orang lain, maka secara tidak langsung kebahagiaan akan mereka miliki. Astra mengapresiasi tindakan mereka melalui ajang ini dan akan mendampingi pengembangan kegiatan selanjutnya,” ujar Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto.

Dalam proses pencarian, Astra didukung oleh Dewan Juri yang kompeten dan memiliki nilai-nilai sejalan dengan filosofi Astra. Mereka adalah Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana Universitas Indonesia Prof. Emil Salim, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Prof. Nila F. Moeloek, Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Prof. Fasli Jalal, Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan Tri Mumpuni dan Pakar Teknologi Informasi Onno W. Purbo.

“Astra mencari anak­-anak muda yang memiliki semangat me­nyala. Anak-anak muda yang mengerjakan tugas di ambang batas/beyond duty. Kami tidak mencari orang yang bekerja dengan biasa, tapi mencari tokoh-tokoh yang menginspirasi banyak orang karena kecintaannya terhadap pekerjaan­nya,” tambah Emil Salim.

Jamaluddin Daeng Abu dengan trofi penghargaan SATU Indonesia Award 2017 (dok. jamaluddin daeng abu)

Jamaluddin sendiri meraih penghargaan dalam kategori “Pendidikan”. Aktivitas Jamaluddin mendirikan Rumah Koran di Desa Kanreapia, Gowa, Sulawesi Selatan, dinilai telah berkontribusi baik dalam mendongkrak semangat anak-anak petani di Kanreapia untuk bersekolah. Jamaluddin pun mendapat julukan baru sebagai “Sang Pencerdas Anak Petani dari Gowa”.

Desa Kanreapia tempat kelahiran Jamaluddin, berada di dataran tinggi dengan tanah yang subur. Desa ini dikenal sebagai desa dengan tingkat ekonomi cukup baik dimana pertanian menjadi sektor utama yang menopang penghasilan daerah. Sayangnya, meskipun secara ekonomi mencukupi, tingkat pendidikan masyarakat di sana masih sangat rendah.

Banyak ditemui anak yang baru SD kelas 2 sudah putus sekolah kemudian memilih bekerja. Penduduk desa juga tidak terlalu berminat memberikan pendidikan untuk-anak-anak mereka dan lebih suka langsung menikahkan anaknya pada usia belia.

Melihat kondisi ini, Jamaluddin yang tergerak hatinya untuk memberikan edukasi tentang pentingnya pendidikan dan literasi, kemudia mendirikan Rumah Koran. Pada 2011, dia mulai mengenalkan pentingnya membaca dan berorganisasi kepada para petani. Hal ini terus dilakukan hingga akhirnya pada 2016 terwujudlah Rumah Koran sebagai tempat para petani membaca dan belajar berorganisasi. Rumah Koran dapat diartikan sebagai rumah untuk membaca, menggali informasi, pengetahuan, berdiskusi, serta belajar mengeja dan membaca buku melalui surat kabar harian (koran).

Jamaluddin sendiri mulai aktif sebagai jurnalis warga untuk Villagerspost.com semenjak Desember 2016 lalu. Tertarik dengan visi dan misi Villagerspost.com untuk memajukan desa dan pertanian, Jamaluddin mulai mengirimkan karya-karyanya seputar pertanian dan pendidikan di Kanreapia. Sejak itu, Jamaluddin–yang juga mendapatkan bimbingan menulis dan jurnalistik jarak jauh dari redaksi Villagerspost.com— terus aktif berkarya lewat tulisan dan videonya. (*)

 

Facebook Comments
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *