Kapal Pengangkut Sapi Datang, Jokowi Harap Harga Normal | Villagerspost.com

Kapal Pengangkut Sapi Datang, Jokowi Harap Harga Normal

Presiden Joko Widodo usai meninjau kapal pengangkut sapi yang baru tiba dari NTT. Jokowi berharap harga daging sapi normal (dok. setkab.go.id)

Presiden Joko Widodo usai meninjau kapal pengangkut sapi yang baru tiba dari NTT. Jokowi berharap harga daging sapi normal (dok. setkab.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Presiden Joko Widodo berharap harga daging sapi bisa beranjak normal seiring dengan dioperasikannya kapal pengangkut sapi buatan PT PAL, Surabaya. Kapal tersebut hari ini, Jumat (11/12) sore, tiba di pelabuhan Tanjung Priok.

Kapal bernama KM Cemara 1 itu berangkat dari Nusa Tenggara Timur dengan mengangkut 350 ekor sapi NTT. Jokowi mengatakan, adanya kapal pengangkut sapi itu telah menurunkan harga transportasi dari sebelumnya Rp1,2 juta-Rp1,8 juta bisa dipangkas menjadi sekitar Rp320.000.

Dengan demikian, harga sapi per kilogram diharapkan akan menjadi Rp35.000–Rp 37.000 sementara untuk harga daging sapi akan menjadi Rp72.000–Rp76.000 per kilogram. “Ini sebetulnya yang kita bilang tol laut tol laut sebetulnya ini, nanti akan semua harga akan seperti ini,” kata Presiden Jokowi.

Namun, Presiden juga mengakui adanya kesulitan mengendalikan harga di pasar. Pemerintah, kata Jokowi, berusaha menormalkan harga pasar namun mekanisme di pasar antara demand and supply membuat harga menjadi berbeda-beda.

“Harga-harga seperti itu. Semoga dalam waktu yang tidak lama bisa menormalkan harga daging sapi kembali, tapi kita nggak ngerti ini berhadapan dengan pasar, moga–moga nanti bisa menormalkan harga daging sapi kembali,” terang Jokowi.

Menurut Presiden, kapal khusus pengangkut ternak itu memang baru satu tetapi yang akan datang lagi kurang lebih tujuh kapal. Semuanya masih dalam proses pembuatan. “Kemarin lima kita tambah lagi dua menjadi tujuh,” ujarnya.

Dia berharap nantinya wilayah-wilayah yang mempunyai produksi sapi akan terbantu dengan adanya kapal sapi ini. (*)

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *