Kemendesa Harus Wujudkan BUMDes Mandiri

Ilustrasi Badan Usaha Milik Desa (dok. pemkab garut)

Jakarta, Villagerspost.com – Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) diminta untuk mampu mewujudkan kemandirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Kemendesa harus memikirkan strategi pengembangan BUMDes supaya badan usaha tersebut dapat memaksimalkan pembangunan di masing-masing desa,” kata Anggota Komisi V DPR RI Herson Mayulu, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (3/6).

“Peraturan tentang BUMDes sudah ada. Sekarang bagaimana kementerian memikirkan strategi agar badan usaha ini bisa mandiri,” tambah Herson.

Politikus PDIP itu juga mengingatkan kepada Kemendes PDTT agar mengawasi implementasi dana yang dipakai oleh BUMDes. “Jangan sampai dana habis hanya dipakai oleh pengurus BUMDes,” tegasnya.

Kemendes PDTT juga diminta menyiapkan pola dan strategi bisnis yang tepat bagi BUMDes agar memberikan dampak positif dan sebesar-besarnya bagi kemajuan pembangunan di desa.

Di sisi lain, Herson juga mengapresiasi kerja jajaran Kemendes PDTT terhadap upayanya untuk mendorong pembangunan di desa. “Perkembangan kemajuan desa berdasarkan data Indeks Desa Membangun setiap tahunnya menunjukkan angka yang positif,” teganya.

Sementara itu Anggota Komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu menyoroti pengawasan implementasi dana desa. Ia menghimbau agar Kemendes PDTT harus mencegah penggunaan dana desa yang bersangkutan dengan agenda politik di daerah.

“Harus dipikirkan agar dana desa jangan digunakan untuk kepentingan politik,” tegasnya.

“Sebab hal itu menyalahi aturan dan akan membuat serapan dana desa yang bertujuan untuk memajukan masyarakat tidak berjalan optimal,” pungkasnya.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *