KKP Beri Bantuan Excavator ke Petambak Mamuju | Villagerspost.com

KKP Beri Bantuan Excavator ke Petambak Mamuju

Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke tambak udang di Mamuju, Sulawesi Barat (dok. kkp.go.id)

Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke tambak udang di Mamuju, Sulawesi Barat (dok. kkp.go.id)

 

 

Jakarta, Villagerspost.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan merealisasikan janji Presiden Joko Widodo untuk memberikan bantuan alat berat berupa excavator kepada pembudidaya ikan/udang di Kabupaten Mamuju Utara. Melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (Ditjen PB), pihak KKP menyerahkan lima unit excavator untuk membantu pencetakan lahan budidaya dan rehabilitasi saluran air di Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat.

“Lima unit excavator ini siap digunakan dan dioperasikan,” kata Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto seperti dikutip kkp.go.id, Senin (5/10).

Penyerahan excavator ini dilakukan dalam upaya untuk pengembangan dan revitalisasi lahan budidaya di wilayah ini. Seperti yang dijanjikan oleh Presiden Jokowi saat berkunjung di lokasi ini pada bulan Mei yang lalu. Dalam pidatonya, Presiden mengatakan bahwa percepatan pembangunan di daerah harus diikuti langkah nyata, yakni bantuan harus langsung diserahkan ke wilayah yang membutuhkan dan juga harus tepat sasaran.

Wilayah Kabupaten Mamuju Utara memiliki potensi pengembangan usaha budidaya udang dengan sistem tradisional sampai tradisional plus. “Dengan potensi lahan seluas kurang lebih 13 ribu hektare, apabila dikembangkan secara optimal, berkelanjutan dan ramah lingkungan, maka dengan padat tebar sekitar 200 ribu sampai dengan 300 ribu ekor per ha, akan memberikan lapangan pekerjaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara nyata dan sekaligus mendukung produksi udang nasional,” terang Slamet.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mamuju Utara, Abbas, menambahkan bahwa benih udang yang pada bulan Mei 2015 lalu di tebar oleh Presiden Joko Widodo, telah dipanen dengan hasil yang cukup memuaskan.

Panen yang dihasilkan dari 6.000 m2 tambak udang adalah 1.162 kg udang size 60 atau setara dengan 1.938 kg per ha, dengan padat tebar 30 ekor per m2.

“Ditambah lagi dukungan dari pemerintah pusat berupa excavator, yang rencananya akan kita gunakan untuk menata lahan tambak dan rehabilitasi saluran. Ini akan mendukung berkembangnya perekonomian Mamuju Utara dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” kata Abbas. (*)

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *