Komisi IV Dorong Industri Olahan Kelapa

Tanaman kelapa hasil budidaya di perkebunan rakyat (dok. disbunhut.bengkaliskab.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Ketua Komisi IV DPR Edhy Prabowo mendorong tumbuhnya industri olahan kelapa, agar dapat memberikan nilai tambah kepada petani kelapa rakyat. “Permasalahan petani kelapa itu kan ada pada harga kelapa yang tidak juga beranjak naik, untuk itu kami mendorong tumbuhnya industri olahan sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi petani,” ungkap Edhy saat memimpin tim kunker Komisi IV meninjau Perkebunan Kelapa di Desa Wusa Kabupaten Minahasa Utara, belum lama ini.

Edhy mengatakan, Indonesia merupakan negara penghasil kelapa terbesar di dunia, produksinya mencapai 17 juta ton per tahun. Edhy meyakini dengan hasil produksi kelapa yang tinggi, jika dikembangkan ke arah industri memiliki potensi besar sebagai pendorong perekonomian masyarakat di daerah Manado.

“Kami ke sini untuk meninjau pelaksanaan program Dirjen Perkebunan yang memiliki program kebijakan di sektor perkebunan kelapa. Sebelumnya kami sudah pernah mengunjungi tempat penelitian Badan Litbang Pertanian komoditas kelapa di sini, ternyata banyak sekali jenis varietas yang diciptakan dengan kualitas laur biasa, dan inilah yang ingin kita majukan,” jelasnya.

Menurut Edhy, untuk mewujudkan kejayaan perkebunan kelapa, perlu dibuat stimulus untuk membangun sektor industri dari hasil perkebunan kelapa rakyat yang melimpah tersebut. “Hasil kelapa disini kan sangat melimpah, kita perlu membuat stimulus untuk membangun sektor industri yang dapat menampung kelapa rakyat untuk diolah menjadi minyak kelapa atau VCO. Saya yakin jika dimasifkan dapat menyerap dan mengangkat harga kelapa kita,” usulnya

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Kasdi Subagyono menjelaskan ihwal besarnya potensi kelapa Indonesia untuk ditingkatkan produktivitasnya. “Upaya kita saat ini adalah meningkatkan produktivitas kelapa dengan cara replanting yang kuncinya adalah pembenihan,” ujarnya.

“Kita sedang membuat terobosan untuk pembenihan, selain membuat logistik benih dalam jumlah banyak, kita juga terus berupaya meningkatkan kualitas benih tersebut,” pungkasnya.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *