Komisi IV DPR Dorong Petambak Musi Rawas Masuk Pasar Ekspor

Petani memanen ikan dari tambak. (dok. sijunjungkab.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Petambak ikan budidaya di Musi Rawas, Sumatera Selatan, didorong untuk memasuki dunia ekspor agar mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar, dan para petambak bisa lebih sejahtera. Anggota Komisi IV DPR Effendy Sianipar mengatakan, potensi pasar ekspor lebih besar karena harga jual ikan yang lebih tinggi.

“Kami telah berdiskusi tadi dengan ahli ekonomi perikanan, kalau ikan lokal ini biasa dijual Rp26 ribu, seandainya dijual keluar negeri ini bisa jadi Rp60 ribu. Tentunya ini menjadi peluang yang menguntungkan, harga jualnya bisa meningkat hingga 100 persen,” kata Effendy, usai meninjau tambak ikan di Kabupaten Musi Rawas, Kamis (30/1).

Effendy mengatakan, jika melihat potensi alam, sektor budidaya ikan di Musi Rawas sangat strategis. Ke depan, kata dia, budidaya ini perlu dibina oleh Pemerintah, mengingat selama ini para petambak ikan hanya melakukan budidaya secara mandiri. Jika dibina oleh pemerintah, tentu bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Tadi kami juga dengar komitmen dari Bupati akan serius mengembangkan budidaya perikanan ikan tawar ini. Pak Dirjen Budidaya KKP juga berkomitmen akan membuat pusat perikanan,” ujar politikus PDIP ini.

“Ini suatu konsep kerja sama Pemda dengan KKP yang sangat baik, jadi bagaimana memberdayakan masyarakat supaya bisa berbudidaya perikanan yang baik,” kata Effendy menambahkan.

Dia juga mendorong, agar daerah lain yang memiliki potensi seperti di Musi Rawas, perlu diprioritaskan anggarannya supaya cepat berkembang. Ke depan Musi Rawas bisa menjadi tempat rujukan belajar, bagi penyuluh-penyuluh perikanan dari daerah lain.

“Kami menunggu, dalam hal ini pemerintah, agar segera mengajukan anggarannya. Nanti akan kami pelajari secara baik. Tadi dari Wakil Ketua Komisi IV DPR menyatakan akan membantu, mungkin tidak langsung secara keseluruhan, tapi bertahap,” pungkas Effendy.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *