Komisi IV Resmikan Sarana Wisata Edukasi Penyu TN Bunaken

Peresmian Sarana Wisata Edukasi Penyu oleh Ketua Komisi IV Edhy Prabowo (dok. villagerspost.com/eko handoyo)

Bunaken, Villagerspost.com – Tim Kunjungan Kerja dari komisi IV DPR yang diketuai Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Taman Nasional Bunaken, Senin (18/12) lalu. Dalam kunjungan itu, pihak Komisi IV tak bisa mengunjungi Pulau Bunaken karena kondisi cuaca, sehingga acara akhirnya dipusatkan di Taman Hutan Raya (Tahura) H.V Worang Gunung Tumpa.

Di kawasan tersebut, Edhy Prabowo yang merupakan Ketua Komisi IV DPR meresmikan Sarana Wisata Edukasi Penyu yang ada di Pulau Bunaken. Selain itu, turut pula dilakukan peresmian kantor SPTN Wilayah I oleh Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc.

Dalam sambutannya, Edhy Prabowo mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan yang begitu luar biasa. Dia mengatakan, pihaknya telah berupaya membantu Kementerian LHK. Salah satunya melalui pengesahan anggaran yang cukup besara.

“Pada pendanaan tahun 2018 telah mengalami kenaikan sebesar 2 triliun rupiah. Semoga ini dapat menunjang kinerja yang baik dimasa mendatang. Untuk itu bidang Komisi IV DPR RI akan selalu mengupayakan yang terbaik asalkan usulan-usulan dapat memberikan nilai tambah buat masyarakat,” kata politisi Gerindra itu..

Dari lokasi Tahura H.V. Worang, para anggota Komisi IVDPR disuguhi atraksi paralayang oleh wisatawan minat khusus. Selain itu mereka juha dapat melihat pemandangan gugusan pulau-pulau yang ada di kawasan Taman Nasional Bunaken.

Terkait masalah kehutanan, Edhy mengatakan, dengan dibukanya Tahura Gunung Tumpa agar terciptanya lapangan pekerjaan baru dan wisatawan yang terus meningkat karena Tahura ini memiliki konsep hutan yang berguna bagi masyarakat sekitar.

“Ada tiga hal yang kami utamakan dalam kunjungan ke Manado ini, diantaranya adalah konservasi laut, kehutanan dan juga pertanian dengan harapan kami mendapat informasi terkait realisasi anggaran yang ada di Manado,” tutur Edhy.

“‚ÄúDalam reses, kami sudah dua kali datang ke Manado dan dalam kunjungan spesifik kami sudah datang lebih dari lima kali. Kami lihat sudah banyak perkembangannya, tetapi untuk Kabupaten Kota dan Provinsi agar lebih bersinergi lagi guna mencapai program nasional yang lebih baik,” tambahnya.

Pertemuan yang diadakan diatas gunung ini menghasilkan poin penting untuk Tahura dan Bunaken ke depannya. Tahura dan Bunaken harus didukung dengan infrastruktur yang baik agar lebih memancing banyak wisatawan karena tiap harinya ada empat kali penerbangan internasional.

“Tentu saja dengan adanya Tahura dan Bunaken di Manado ini ada banyak manfaat untuk masyarakat, jangan sampai masyarakat hanya menunggu dan tidak ada hasil apa-apa,” ungkap Edhy.

Laporan/Foto: Eko Wahyu Handoyo, PEH pada Balai TN Bunaken?, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *