Komisi VI DPR Berharap Revitalisasi Pabrik Gula Tekan Impor

Pabrik gula tua di Solo (dok. bekraf.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Ketua Komisi VI DPR Teguh Juwarno mengharapkan program revitalisasi pabrik gula (PG) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dapat memastikan produksi gula dalam negeri menjadi lebih stabil dan diharapkan dapat mengurangi impor. Dia menilai, revitalisasi pabrik gula memang tidak bisa ditawar lagi, untuk meningkatkan produktivitas gula nasional yang terus menurun.

“Revitalisasi pabrik gula BUMN memang harus dilakukan. Sebab kalau tidak, maka hasil produksi gula nasional akan selalu tertinggal, efisiensinya rendah, dan pada akhirnya tidak akan memberikan manfaat yang baik bagi korporasi maupun masyarakat,” ujar Teguh, di Gedung Nusantara II DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/3).

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, revitalisasi industri gula nasional sudah sangat urgen untuk dilakukan. Tidak bisa pungkiri bahwa untuk memiliki kedaulatan dan tidak selalu didikte oleh impor, maka salah satu peran penting yang harus dilakukan adalah revitalisasi PG tersebut.

“Namun revitalisasi jangan sampai mengabaikan kepentingan petani tebu. Revitalisasi pabrik gula harus menciptakan multiplier effect bagi petani tebu. Petani akan malas menanam tebu jika harga jualnya murah. Untuk membangkitkan kepercayaan masyarakat petani kepada pabrik gula, kuncinya adalah keadilan,” ujarnya.

Teguh menyatakan, salah satu tantangan lain dari PG adalah masalah ketersediaan lahan untuk pertanian tebu. “Andalan kita selama ini adalah Pulau Jawa. Sementara di Jawa sudah terjadi konversi atau alih fungsi lahan. Di sisi lain ada kebutuhan yang tidak bisa dihindarkan terhadap kebutuhan pokok seperti padi,” ujarnya.

Teguh menekankan, Kementerian Pertanian harus berani membuka lahan di luar Pulau Jawa, seperti di Papua, Sulawesi atau Kalimantan. “Selain itu, ada satu hal yang juga menjadi kekhawatiran kita, yakni kurangnya bibit-bibit tebu yang berkualitas yang kita miliki,” pungkasnya.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *