KPCH Indramayu: Kekeringan Bisa Di Antisipasi Lewat Belajar AgroMeteorologi

Areal persawahan yang mengalami kekeringan di Indramayu (villagerspost.com/tarsono)

Indramayu, Villagerspost.com – Para petani anggota Kelompok Pengukur Curah Hujan (KPCH) Indramayu kembali mendapatkan skenario musiman cuaca per Senin (24/6), dari Prof. Sue Walker. Dari skenario musiman itu, tergambar, adanya ancaman kekeringan yang menghantui lahan persawahan para petani di Indramayu.

Curah hujan tidak mencukupi, dan petani diminta mengantisipasi dengan salah satunya, melakukan pengairan dari irigasi. Berikut skenario musiman cuaca yang diterima pihak KPCH Indramayu:

Skenario musiman dari Prof. Sue Walker per tanggal 24 Juni 2019: Samudera Pasifik tropis dan atmosfer tetap mendekati ambang batas El Nino. Akan terjadi pergeseran secara perlahan menjauhi El Nino dalam beberapa bulan mendatang. Jadi ada kecenderungan menuju tahap Netral (Dikirim oleh Yunita-UI).

Menuju tahap netral pun tidak membantu bagi wilayah yang tadah hujan, yang ada hanya gagal panen diwilayah tadah hujan sudah di depan mata.

Rentang netral/normal di bulan-bulan kering tidak bisa mencukupi kebutuhan sawah tadah hujan kalau tidak dibantu air irigasi, karena evaportranspirasi 5-7mm ditambah suhu mencapai 29-33 di Indramayu.

Sebenarnya kekeringan bisa diantisipasi dengan empat faktor yang sering dilakukan oleh pemerintah desa Nunuk yang banyak petani mengerti agro meteorologi.

Empat faktor tersebut:

  1. Melihat kondisi iklim (data probabilitas selama 10 tahun) di bawah normal, rentang normal/netral, dan di atas normal
  2. Melihat lampu perangkap hama dan penyakit (menghitung sistem genggong/menghindar pada masa primordia)
  3. Air irigasi, mencari info dari petugas pengairan, apakah waduk Jati Gede, Sumedang mencukupi airnya.
  4. Pranata mangsa, pengetahuan kearifan lokal Jawa. Petani sudah bisa merasakan betapa manfaatnya empat faktor tersebut dan kebiasaan rembuk desa Nunuk sangat penting untuk dicontoh desa-desa lain.

Laporan/Foto: Tarsono, Petani Muda Desa Nunuk, Anggota KPCH Indramayu, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *