Lebaran Ikan, KKP Bagikan Paket Ikan Segar

Ikan hasil tangkapan nelayan (dok. kkp.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Realisasikan program Lebaran Ikan, Kementerian kelautan dan Perikanan (KKP), membagikan ribuan paket ikan segar seberat 3 kilogram per paket. Plt. Sekretaris Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) KKP Maman Hermawan mengatakan, kegiatan ini tak hanya mewujudkan kesadaran masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan tapi juga menunjukkan bahwa masyarakat dapat merasakan produk perikanan hadir di tengah-tengah keterbatasan ekonomi akibat pandemi Covid-19, untuk memenuhi kebutuhan harian.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membawa semangat dan optimisme baru khususnya pada masyarakat kelautan dan perikanan. Karena tidak hanya membantu pada masyarakat yang membutuhkan, kegiatan ini juga meningkatkan perekonomian pembudidaya perikanan yang produk perikanannya kami beli untuk dibagikan kepada sesama,” kata Maman, dalam siaran pers yang diterima Villagerspost.com, Selasa (26/5).

Beragam jenis ikan segar yang dibagikan oleh seluruh satuan kerja lingkup BRSDM, yakni ikan lele, ikan mas, ikan nila, ikan tongkol, ikan kembung dan beragam jenis ikan lainnya. Seperti di Sukamandi, pegawai BRSDM membagikan 77 paket Lebaran Ikan bagi 44 kaum dhuafa dan 33 anak yatim di sekitar Patok Beusi, berisikan ikan nila merah segar hasil dari Sentra Budidaya Kolam Arus Deras Cijambe, Subang.

Di Bitung, juga terlaksana pembagian 30 Paket Lebaran Ikan dan 70 Paket Sembako di Kelurahan Tandurusa serta 40 Paket Sembako untuk Pantai Asuhan Muhammadiyah. Tak hanya membagikan paket ikan segar, BRSDM juga menyalurkan ribuan paket donasi yang akan dibagikan kepada masyarakat nelayan di Banten, Bali, Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Maluku, serta Papua Barat.

Donasi mulai disalurkan pada 21 Mei 2020 dan ditargetkan selesai pada pertengahan Juni 2020. Pasalnya, sejak masalah pandemi Covid-19 merebak, rata-rata pendapatan nelayan diprediksi mengalami penurunan dibandingkan perolehan mereka saat kondisi masih normal. “Ikan tangkapan mereka tidak terserap di pasar. Akhirnya harus rela dijual di bawah harga normal. BRSDM berupaya keras untuk ikut mendorong produktivitas nelayan melalui penyediaan data-data kelautan yang bisa dimanfaatkan oleh nelayan,” jelas Maman.

Tak hanya di kalangan masyarakat sipil, KKP juga membagikan paket Lebaran Ikan kepada anggota TNI. Sabtu (23/5) lalu, KKP membagikan paket bantuan ikan segar kepada prajurit Korem 052, Tangerang, Banten. “Kami menyerahkan bantuan ikan kembung sebanyak 1.500 kg kepada prajurit Korem 052 Wijayakrama,” kata Sesditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Berny A. Subki.

Usai penyerahan, Berny menyebut program Lebaran Ikan merupakan bentuk edukasi kepada masyarakat bahwa merayakan lebaran tidak melulu harus makan daging sapi atau ayam. Bantuan ikan diterima secara langsung oleh Komandan Korem 052 Wijayakrama, Brigjen TNI Tri Budi Utomo di markas Korem 052 yang berada di kawasan Lippo Karawaci Tengerang Banten. Berny memaparkan, bantuan dikemas menjadi 300 pack, dimana 1 packnya berisi 5 kg ikan kembung. “Lebaran bisa juga digantikan dengan ikan yang keberadaanya sangat berlimpah di Indonesia,” ujarnya.

Saat ini, KKP sedang melakukan perluasan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Direktur Pemasaran, Machmud yang juga turut hadir di Makorem 052, mengurai tujuan kegiatan tidak hanya meningkatkan konsumsi ikan tetapi juga untuk membantu meningkatkan imun agar terhindar dari virus corona. Sebelumnya, kegiatan Gemarikan juga telah dilakukan adalah penyaluran olahan ikan untuk petugas RS rujukan covid-19, pekerja informal dan driver taksi.

“Selama bulan Ramadhan kami juga menyalurkan Nasi Ikan kepada masyarakat setiap hari menjelang berbuka puasa. Dibagikan juga sembako ikan dan yang terakhir lebaran ikan,” papar Machmud.

Kali ini ikan kembung dipilih karena stok ikan jenis ini melimpah dan memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Macmud lebih lanjut mengungkapkan fakta kandungan omega 3 ikan kembung yang lebih tinggi dari ikan salmon. “Menurut banyak penelitian, 100 gram ikan salmon mengandung 1,6 gram omega-3. Sedangkan, 100 gram ikan kembung mengandung 2,4 gram omega,” terang Machmud.

Selain omega 3, ikan kembung kaya akan lemak tak jenuh ganda yang penting untuk kesehatan jantung. Ikan kembung juga kaya akan vitamin B12, Vitamin A dan D. “Sehingga kita semua tidak perlu meragukan manfaat dan kandungan gizi yang dimiliki ikan kembung yang banyak dijual di pasaran dengan harga lebih terjangkau dibandingkan ikan salmon,” pungkas Machmud.

Komandan Korem 052 Wijayakrama, Brigjen TNI Tri Budi Utomo berterima kasih atas bantuan ikan yang diberikan kepada prajuritnya. Menurutnya, ikan merupakan sumber gizi yang baik untuk kesehatan dan kekuatan tubuh. “Sangat berguna sekali untuk prajurit kami yang bertugas di check point. Semoga para prajurit dan keluarganya dapat merasakan manfaat dari makan ikan,” ujar Tri.

Selama pandemi Covid-19, Korem 052 membangun 10 titik dapur umum yang tersebar di Kodim Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Tangerang. Tri memaparkan, dapur umum tersebut digunakan untuk membantu masyarakat di sekitar Kodim dan Koramil. “Sehingga bantuan ikan yang nantinya akan diberikan oleh KKP ke dapur umum ini dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tegasnya.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *