Lockdown, Pemdes Kalensari Mulai Salurkan Bantuan Sembako ke Warga

Paket bantuan sembako tahap pertama untuk warga terdampak Covid-19 di Desa Kalensari, Indramayu, siap didistribusikan (dok. pemdes kalensari)

Indramayu, Villagerspost.com – Kebijakan mengisolasi diri alias lockdown mulai dilaksanakan pemerintah Desa Kalensari, Kecamatan Widasari, Indramayu, Sabtu (11/4) kemarin. Dalam rangka itu, pemdes Kalensari mulai menyerahkan bantuan sembako bagi para warganya.

“Untuk pendistribusian sembako tahap pertama untuk 17 warga berdampak Covid-19 yang berstatus ODP (orang dalam pengawasan),” kata Kepala Desa (Kuwu) Kalensari H. Masroni, kepada Villagerspost.com.

Paket bantuan yang diserahkan berupa: beras 10kg, telur 1kg, minyak goreng 900ml, mie instan 1 dus, dan 1 paket disinfektan. Paket bantuan ini seluruhnya dikumpulkan secara mandiri oleh warga desa Kalensari, khususnya beras. “Beras berasal dari warga setempat, disalurkan pada tahap ini hanya untuk warga berstatus ODP dan PDP (pasien dalam pengawasan),” tambah Masroni.

Seperti diketahui, keputusan memberlakukan lockdown diambil karena arus keluar-masuk warga di desa Kalensari sangat tinggi karena banyak warga yang bekerja di luar desa seperti di Jakarta dan juga luar negeri yang merupakan kawasan ‘merah’ penyebaran Covid-19. Pembatasan dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di desa.

“Kalensari hampir 40% warganya bekerja di luar kota maupun luar negeri, terutama Jakarta dan Hongkong,” kata Masroni.

Untuk warga yang datang dari luar kota atau luar negeri, pihak desa sudah membentuk tim untuk memantau kesehatan mereka. “Ada pemantauan rutin dari relawan dan bidan desa, pemudik yang berasal dari zona merah berstatus ODP. Ada sejumlah 20 orang update data sampai hari ini,” kata Masroni.

Meski locdown, aktivitas di desa tetap dilaknsanakan seperti biasa, termasuk panen. “Produksi pangan tetap jalan dan petani tetap mendapatkan harga yang pantas sehingga tidak merugi,” kata Masroni.

Sementara itu, untuk pemenuhan kebutuhan warga, pihak Pemdes bekerjasama dengan BUMDes, telah menyediakan dana sebesar Rp169.200.000 untuk pemberian bantuan paket sembako.

Pihak pemdes Kalensari juga membuka pintu sumbangan dari pihak lain. “Terimakasih kepada semua pihak donatur atas partisipasinya,” pungkas Masroni.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *